Sukses

Cek Fakta: Hoaks Mengonsumsi Air Rebusan Daun Putri Malu Bisa Sembuhkan Vertigo hingga Stroke

Beredar kabar hoaks mengonsumsi air rebusan daun putri malu bisa menyembuhkan berbagai penyakit mulai dari vertigo hingga stroke.

Liputan6.com, Jakarta - Klaim mengonsumsi air rebusan daun putri malu bisa menyembuhkan berbagai penyakit beredar di media sosial. Klaim tersebut disebarkan oleh salah satu akun Facebook pada 14 Oktober 2021 lalu.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi tata cara membuat ramuan dari daun putri malu. Ramuan itu diklaim bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, mulai dari vertigo, migrain, epilepsi, hingga stroke.

"Penyakit Akibat Penyempitan dan Penyumbatan Pembuluh Darah di Kepala

1. Sering sakit kepala / migrain

2. Sering pusing2

3. Vertigo

4. Stress berat

5. Susah tidur

6. Mudah Lelah

7. Sering menguap

8. Stroke

9. Buat Pria bisa jadi Lemah Syahwat

Penyakit yg biasa terjadi pada anak2 ;

10. Ayan / epilepsi

11. Step pada anak

12. Anak sering panas dan sakit2an

Catt ;

Kalo ada efek badan anak panas setelah minum ramuan ini, hentikan dulu. Silahkan beri obat penurun panas kimia dulu.

Kalo anda yakin silahkan di ulangi lagi [ kalo tidak, silahkan cari herbal lainnya ]Karena hal ini br terjadi pd satu anak [ 5 th ] dari bayi sering2 panas dan sakit2an

13. Terlambat bicara

14. Hyperaktif

15. Keterlambatan daya pikir

16. Wajah terlihat kusam / kemerahan / kehitaman / pucat.

17. Stroke

18. Dll

Putri Malu sangat ampuh utk mengatasi dan mengobati penyakit tsb di atas.Putri Malu akan melancarkan darah di kepala dan menenangkan syaraf kepala yg terlalu tegang.

Cara bikin ;

1. Ambil putri malu [ spt di foto, jangan pakai jenis lain ] dg akar2nya, jml terserah anda

2. Di cuci dan di rebus, cara merebus terserah / kebiasaan anda

3. Minum 2 x sehari satu gelas utk dewasa.Utk anak2 cukup beberapa teguk sampai 1/4 gelas.

Tergantung penyakit, maximal 3 hr.Minum selanjutnya tergantung penyakit, minimal 15 hr kemudian.

Utk penyumbatan, spt stroke, pernah benturan / luka di kepala, silahkan di campur jahe [ utk memecah darah beku dikepala ]Utk susah tidur yg akut / kronis, silahkan campur dg serai [ sekitar 3 btg ]Utk merangsang syaraf kepala, spt stroke, daya pikir dll silahkan dicampur dg yg bersifat asam dan banyak mengandung vitamin C [ spt ; jeruk nipis, belimbing asam, daun kelor, mengkudu dll ]

Selamat Mencoba dan Buktikan Sendiri.

Catatan ;

1. Bagi anda yg tidak percaya dg tanaman ini, silahkan dicoba aja dan rasakan perubahan ditubuh anda setelah minum ramuan ini.

2. Yg dibahas sekarang penyakit yg berhubungan dg syaraf kepala saja ya..Utk penyakit lainnya, postingan berikutnya," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 70 ribu kali dibagikan dan mendapat 4.200 komentar dari warganet.

Benarkah mengonsumsi air rebusan daun putri malu bisa menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari vertigo hingga stroke? Berikut penelusurannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim mengonsumsi air rebusan daun putri malu bisa menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari vertigo hingga stroke.

Penelusuran dilakukan dengan menghubungi Guru Besar sekaligus Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Profesor Dr dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH. Ia mengatakan bahwa klaim tersebut tidak benar alias hoaks.

"Hoaks," kata dokter Ari kepada liputan6.com, Rabu (22/6/2022).

Dokter Ari menambahkan, tidak bukti klinis yang mendukung klaim air rebusan daun putri malu bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

"Tidak ada bukti klinisnya," tambah dia.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim mengonsumsi air rebusan daun putri malu bisa menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari vertigo hingga stroke ternyata tidak benar alias hoaks. Tidak ada bukti klinis yang mendukung klaim tersebut.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.