Sukses

Cek Fakta: Hoaks Makan Buah saat Perut Kosong Sembuhkan Kanker Beredar Lagi

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim tips makan buah saat perut kosong sembuhkan kanker. Informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut klaim makan buah saat perut kosong sembuhkan kanker.

"Tolong Bpk-Ibu menyempatkan waktu membaca sekilas info ttg kesehatan buat Anak Bangsa Kita, Keluarga, Saudara, Sahabat, Teman semuanya spy tdk terkena penyakit kanker !!!_______

'MAKAN BUAH SA'AT PERUT KOSONG.'

Dokter STEPHEN MAK merawat pasien kanker stadium akhir dengan cara unik. Banyak pasiennya sembuh. 'Ini merupakan strategi saya untuk menyembuhkan kanker. Tingkat keberhasilannya 80 persen,' tegas Mak.

Pasien kanker seharusnya tidak mati. Terapi anti kanker sudah ditemukan yakni makanlah buah-buahan saat perut kosong atau sangat lapar.'Saya mohon maaf kepada ratusan pasien kanker yang telah meninggal akibat pengobatan konvensional,' pungkasnya.

TIPS MAKAN BUAH YG TEPAT.Hindarilah makan buah setelah makan nasi dan lauk. Cara ini sangat dilarang atau 'haram,' jikalau Anda ingin bebas dari serangan kanker dan penyakit mematikan lainnya.

Jika Anda makan buah saat perut kosong, maka detoksifikasi sistem tubuh Anda meningkat berkali-kali lipat. Problem kelebihan berat badan dan penyakit mematikan lainnya teratasi.

DAHSYATNYA BUAH-BUAHAN.Jika Anda makan nasi, lalu menyusul buah, maka buah dicegah oleh nasi sebelum menuju usus. Nasi dan buah membusuk, berfermentasi, dan berubah menjadi asam. Tubuh yang sangat asam penyebab kanker dan penyakit mematikan lainnya.Saat buah bersentuhan dengan nasi di usus, maka seluruh massa nasi perlahan rusak. Jadi, silakan makan buah saat perut kosong atau sebelum makan nasi dan lauk.

EFEK SALAH MAKAN BUAH.Mungkin Anda pernah mendengar keluhan yakni setiap kali :- makan semangka, ada orang menderita sendawa, - ketika makan durian perutnya kembung, - ketika makan pisang rasanya segera ke toilet, dan lainnya. Kondisi ini tidak bakal terjadi, jikalau Anda makan buah apa saja saat perut kosong. Karena buah-buahnya bercampur dengan pembusukan makanan lain, sehingga menghasilkan gas dalam usus.

Rambut uban, rambut rontok, botak, gugup, dan lingkaran hitam di bawah mata tidak akan terjadi, jikalau Anda makan buah saat perut kosong.

'Jeruk dan lemon bersifat asam, tetapi menjadi alkalin (basa) di dalam tubuh, jikalau dimakan saat perut kosong,' ulas dokter HERBERT SHELTON yang melakukan riset khusus tentang asam basa tubuh.

BUAH UMUR PANJANG & SEHAT.Jika Anda menguasai cara makan buah yang benar, maka Anda memiliki rahasia keindahan tubuh, umur panjang, kesehatan, vitalitas, kebahagiaan, dan berat badan ideal.

BAHAYA BUAH YG DIPANASKAN ATAU DIMASAK.Saat Anda minum jus buah, minumlah jus buah segar, bukan dari kemasan kaleng, bungkusan, atau botol.Jangan minum jus yang dipanaskan. Jangan makan buah yang dimasak, karena semua nutrisi sudah hilang. Anda hanya mendapatkan rasanya saja. Memasak buah-buahan akan menghancurkan semua vitamin yang ada dalam buah. Makan buah utuh lebih baik dari pada minum jus.Jika pun Anda minum jus buah segar, minumlah dengan perlahan, karena Anda harus membiarkannya bercampur dengan air liur (ensim di mulut) sebelum menelannya.

TERAPI BUAH TIGA HARI BER-TURUT² TANPA NASI & LAUK.Silahkan Anda coba mengkonsumsi buah selama 3 hari berturut-turut untuk membersihkan semua racun (detoksifikasi) di tubuhnya---hanya makan buah dan minum jus buah segar selama 3 hari berturut-turut tanpa makan nasi dan lauk. Teman-teman Anda akan melihat Anda lebih segar, cantik, dan enerjik.

BAHAYA MINUM AIR DINGIN STLH MAKAN, PEMICU KANKER.Jika Anda sering minum air dingin (air es) setelah makan, maka tamatlah hidup Anda. Karena semua jenis kanker siap menghancurkan tubuh Anda.

Minum air es setelah makan sangatlah nikmat, tetapi sangatlah membawa sengsara. Air es mengentalkan semua makanan berminyak yang baru saja Anda makan. Akibatnya proses pencernaan menjadi sangat lambat.Usus akan sangat cepat rusak, karena memaksa kerjanya.

Lebih dari itu, makanan berlemak dan telah membeku akan melapisi dinding usus Anda, sehingga perlahan memicu kanker usus.

Tentu saja Anda akan semakin gemuk dan sekaligus perlahan menginap kanker ganas. Karena itu, minumlah sup hangat atau air hangat setelah makan.

Semakin Anda tahu, semakin besar peluang Anda untuk bertahan hidup, sehat, dan umur panjang tanpa biaya mahal.

VIRALKAN informasi di atas terutama kepada KELUARGA dan rekan-rekan Anda.

BAHAGIA SUKSES,'SAVE Health, SAVE Future.'

Surabaya, 20 Agustus 2021.Editor : Dr. Harsono Njoto."

Benarkah makan buah saat perut kosong sembuhkan kanker? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim makan buah saat perut kosong sembuhkan kanker, sebelumnya Cek Fakta Liputan6.com telah menelusuri klaim tersebut. Dalam artikel berjudul "Cek Fakta: Hoaks Makan Buah Saat Perut Kosong Mampu Sembuhkan Kanker".

Ahli gizi, Dr. Nurul Manikam, M.Gizi., Sp.GK menyatakan, klaim makan buah saat perut kosong sembuhkan kanker adalah hoaks.

"Maaf itu hanya hoaks," kata Nurul saat dihubungi Liputan6.com.

Menurutnya, kanker dapat dikontrol dan diterapi dengan pembedahan, radiasi, dan kemoterapi. Saat ini, sudah ada imunoterapi dan targeted therapy.

"Tidak ada modalitas terapi lain terbukti bermanfaat," ujar Nurul.

Dalam artikel berjudul "Eating Fruits on Empty Stomach Cures Cancer and Other Health Issues: Fact Check" yang dimuat situs hoaxorfact.com menyebutkan, tubuh dapat dengan mudah menyesuaikan cairannya dengan perubahan seperti itu, dengan kebutuhan pencernaan makanan.

Perut juga dirancang untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab fermentasi dan pembusukan. Selain itu, tidak ada dukungan ilmiah bahwa makan buah dengan perut kosong dapat memengaruhi umur panjang, kelelahan, ledakan saraf, atau lingkaran hitam di bawah mata.

Secara umum, buah-buahan adalah makanan yang sehat, bergizi, dan ramah penurunan berat badan yang dapat dimakan sepanjang hari. Makan buah saat perut kosong (atau sebelum makan) bisa membuat Anda merasa kenyang, makan lebih sedikit setelahnya, mengurangi asupan kalori dan membantu penurunan berat badan.

Oleh karena itu, klaim bahwa makan buah dengan perut kosong (atau sebelum makan) dapat menyembuhkan kanker dan mengobati masalah kesehatan yang signifikan yang disebutkan di atas adalah hoaks. Selain itu, tidak menemukan kutipan online yang kredibel tentang Dr. Stephen Mak.

Dalam artikel berjudul "Eating fruit on an empty stomach does not 'cure cancer', experts say" yag dimuat situs factcheck.afp.com, Prof Dr Aru Wisaksono Sudoyo, ketua Yayasan Kanker Indonesia, mengatakan klaim tersebut tidak memiliki dasar ilmiah.

"Buah baik untuk kesehatan, bahkan untuk mencegah kanker, tetapi bukan pengobatan kanker," katanya.

Sumber:

http://www.hoaxorfact.com/health/eating-fruits-on-empty-stomach-cures-cancer-and-other-health-issues-hoax.html

https://factcheck.afp.com/http%253A%252F%252Fdoc.afp.com%252F9UQ8FR-1

 

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com,  klaim makan buah saat perut kosong sembuhkan kanker hoaks.

Klaim makan buah saat perut kosong sembuhkan kanker tidak memiliki dasar ilmiah dan tidak ditemukan kutipan online yang kredibel tentang dr. Stephen Mak.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.