Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Klaim Foto Masyarakat Italia Buang Uang ke Jalan

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto masyarat Italia membuang uang ke jalan. Informasi tersebut beredar lewat aolikasi percakapan WhatsApp.

Klaim foto masyarat Italia membuang uang ke jalan berupa tangkapan layar uanggahan salah satu akun Facebook. Unggahan tersebut menampilkan dua foto  benda berbentuk lembaran puti persegi panjang berserakan di jalan. Foto yang pertama memperlihatkan benda seperti uang yang berserakan dengan latar belakang bangunan, sedangkan foto kedua menampilkan benda seperti uang yang berserakan dijalan dekat kendaraan berwarna merah.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut.

"ini baru kiamat kecil

harta yg selama ini mereka kumpulkan tiada artinya bagi mereka

ini di itali dimana masyarakat di sana kecewa karena hartanya (uang) tidak bisa menyelamatkan orang2 di cintainya maka dari itu mereka membuang uang2nya

Dunia sementara akhirat selamanya"

Benarkah klaim foto masyarat Italia membuang uang ke jalan? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto masyarat Italia membuang uang ke jalan menggunakan Google Image dengan menjadikan foto tersebut sebagai bahan penelusuran.

 

<p>Penelusuran klaim foto masyarat Itali membuang uang ke jalan</p>

Penelusuran mengarah pada sejumlah situs, salah satunya berjudul "These photos have circulated online since at least March 2019, before the COVID-19 pandemic" yang dimuat situs factcheck.afp.com, pada 7 April 2020. 

Situs factcheck.afp.com mengulas foto yang identik dengan klaim.

<p>Penelusuran klaim foto masyarat Itali membuang uang ke jalan</p>

Situs AFP menyebutkan, foto pertama yaitu foto yang pertama memperlihatkan benda seperti uang yang berserakan dengan latar belakang bangunan.

<p>Penelusuran klaim foto masyarat Itali membuang uang ke jalan</p>

Foto pertama tersebut adalah kondisi setelah perampokan bank di Merida, Venezuela, pada Maret 2019. Pencuri membuang uang itu setelah menyadari bahwa itu adalah mata uang lama – Bolívar Fuerte – yang tidak lagi digunakan di Venezuela dan karenanya tidak berharga.

 

Sedangkan kedua menampilkan benda seperti uang yang berserakan dijalan dekat kendaraan berwarna merah.

<p>Penelusuran klaim foto masyarat Itali membuang uang ke jalan</p>

Foto tersebut merupakan unggahan akun Teitter Steve Hanke, seorang ekonom di Universitas Johns Hopkins AS, menyatakan: “Sampah memenuhi selokan jalan di #sosialis #Venezuela. Memang, ini sampah: #Bolivar Venezuela.”

Venezuela telah mengalami hiperinflasi berkepanjangan sejak akhir 2016, yang mengakibatkan rilis uang kertas baru pada Agustus 2018. Presiden Nicolas Maduro memangkas lima nol dari mata uang bolivar, dalam upaya untuk menghentikan hiperinflasi spiral di negara itu.

 

 

Sumber:

https://factcheck.afp.com/these-photos-have-circulated-online-least-march-2019-covid-19-pandemic

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto masyarat Italia membuang uang ke jalan tidak benar.

Foto-foto tersebut telah beredar online setidaknya sejak Maret 2019 dalam laporan tentang dua insiden terpisah di Venezuela.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.