Sukses

Deretan Foto Hoaks Sepekan: Menko Luhut Pakai Baju Kemasan Minyak Goreng hingga Wanita Pembunuh Pelaku Perkosaan

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kabar hoaks masih beredar di media sosial selama sepekan terakhir. Beberapa di antaranya menyebar dalam bentuk foto.

Salah satunya foto yang diklaim Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengenakan baju lebaran ASN bergambar berbagai kemasan minyak goreng.

Klaim foto Menko Luhut mengenakan baju lebaran ASN bergambar berbagai kemasan minyak goreng diunggah salah satu akun Facebook, pada 16 April 2022.

Foto yang diunggah menampilkan Menko Luhut sedang berpose tersenyum dengan latar belakang benda berwarna merah seperti bender dan mengenakan kemeja bergambar berbagai kemasan minyak goreng.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut

"Baju Lebaran ASN ...Wuihh..🤣🤣

#SegalaMerkMigor"

Setelah ditelusuri, foto yang diklaim Menko Luhut mengenakan baju lebaran ASN bergambar berbagai kemasan minyak goreng ternyata tidak benar.

Faktanya, foto tersebut telah mengalami editan, dalam foto sebenarnya Menko Luhut mengenakan kemeja berwarna putih.

Selain foto yang diklaim Menko Luhut mengenakan baju lebaran ASN bergambar kemasan minyak goreng, terdapat foto hoaks lainnya yang telah ditelusuri selama sepekan. Berikut rangkumannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 3 halaman

Foto Wanita Pembunuh Pelaku Perkosaan

Sebuah foto yang diklaim seorang wanita terancam 25 tahun penjara karena membunuh pelaku perkosaan beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan situs beritasaya00.blogspot.com pada 23 April 2022.

Situs tersebut memuat pemberitaan berjudul "Perempuan Bela Diri Bunuh Pria yang Mau Memperkosa Dirinya Terancam 25 Tahun Penjara". Artikel itu memuat foto seorang wanita yang tengah digelandang polisi.

Wanita itu menggunakan baju tahanan berwarna oranye dengan membawa papan bertuliskan, Tersangka, Holifatul Janah.

Foto itu kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa wanita itu terancam 25 tahun penjara karena membunuh pria pelaku perkosaan. Artikel tersebut juga ramai dibagikan oleh beberapa akun Facebook dengan narasi yang sama.

"Kok malah kebalik yang membela diri malah di tahan 😭😭😭 kami bagaimana sebagai wanita ga bisa berbuat apa apa 😭 hukum tajam kebawah tumpul ke atas," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 88 kali dibagikan dan mendapat 255 komentar warganet.

Setelah ditelusuri, foto yang diklaim seorang wanita terancam 25 tahun penjara karena membunuh pelaku perkosaan ternyata tidak benar. Faktanya, wanita dalam foto itu merupakan otak dari kasus perampokan di Jember, Jawa Timur.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.