Sukses

Cek Fakta: Hoaks Kabar Cita Citata Meninggal Dunia pada 25 April 2022

Beredar kabar hoaks penyanyi dangdut Cita Citata meninggal dunia pada 25 April 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang penyanyi dangdut Cita Citata meninggal dunia beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 25 April 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah artikel berjudul "SeIamat JaIan Untuk SeIamanya 😭 Lama Tak Muncul Dilayar Kaca, Cita-citata Meninggal Dunia Tepat Hari Ini , InnaIiIahi WainnaiIIaihirojiun Kabar Dukа MеnуеIіmutі Dunia Hiburan.......Semoga Husnul Khotimah Aamiin?" yang dimuat situs insegnia.xyz.

Dalam artikel itu terdapat foto dari Cita Citata yang tengah terbaring di ranjang rumah sakit. Kemudian ditambahkan narasi bahwa penyanyi dangdut tersebut telah meninggal dunia.

"SeIamat JaIan Untuk SeIamanya 😭 Lama Tak Muncul Dilayar Kaca, Cita-citata Meninggal Dunia Tepat Hari Ini , InnaIiIahi WainnaiIIaihirojiun Kabar Dukа MеnуеIіmutі Dunia Hiburan.......Semoga Husnul Khotimah Aamiin?" tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 11 kali direspons dan mendapat 2 komentar warganet.

Benarkah kabar penyanyi dangdut Cita Citata meninggal dunia pada 25 April 2022? Berikut penelusurannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang penyanyi dangdut Cita Citata meninggal dunia pada 25 April 2022. Penelusuran dilakukan dengan mengunjungi akun Instagram yang dikelola Cita Citata, @cita_citata.

Akun Instagram @cita_citata masih aktif mengunggah sejumlah konten hingga Kamis 28 April 2022. Satu di antaranya konten berikut ini:

<p>Gambar Tangkapan Layar Unggahan dari Akun Instagram @cita_citata.</p>

Penelusuran juga dilakukan dengan memasukkan kata kunci "cita citata meninggal dunia" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya tidak ada informasi valid masih media arus utama yang mendukung klaim tersebut. Justru, hasil penelusuran menemukan sejumlah artikel yang menyebut bahwa kabar Cita Citata meninggal dunia adalah hoaks.

 

Referensi:

https://www.instagram.com/stories/cita_citata/2825663530171464306/

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang penyanyi dangdut Cita Citata meninggal dunia pada 25 April 2022 ternyata tidak benar alias hoaks. Faktanya, tidak ada informasi valid mengenai hal tersebut.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.