Sukses

Cek Fakta: Foto Ban Ini Tidak Berhubungan dengan Penularan Virus Varian Baru

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto penularan virus varian baru lewat ban Omikron. Informasi tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Klaim foto penularan virus varian baru lewat ban Omikron menampilkan sebuah foto ban mobil terdapat tulisan "OMIKRON" yang diberi tanda warna kuning dan "Accelera". Pada foto tersebut terdapat keterangan sebagai berikut:

"Penularan virus varian baru lewat ban mobil...Jaga prokes"

Benarkah klaim foto penularan virus varian baru lewat ban Omikron? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto penularan virus varian baru lewat ban Omikron, menggunakan Google Search dengan kata kunci 'Accelera omikron'. 

Penelusuran mengarah pada situs accelera-radial.com, situs tersebut memuat foto dan menjelaskan tentang produk ban jenis Omikron, salah satu tipnya adalah Omikron HT, ban jalan raya untuk kendaraan jenis SUV dan truk ringan. Beberapa fitur utama adalah tiga tulang rusuk semi dengan blok yang saling bertautan, empat alur lebar, dan tapak lebar. Senyawa silika dan desain ban memastikan pengendaraan yang mulus, stabil, dan tenang.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto ban Omikron menularkan virus varian baru

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Elangperdana Tyre Industry Kenalkan 7 Ban Anyar untuk Penyuka Balap Sampai Petualangan" yang dimuat situs tribunnews.com, pada 4 Agustus 2018.

Situs tribunnews.com menyebutkan, Produsen ban kendaraan roda empat PT Elangperdana Tyre Industry memperkenalkan tujuh ban baru sekaligus untuk berbagai segmen di ajang pameran otomotif akbar Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, Jumat (3/8/2018). Salah satu ban yang diluncurkan adalah jenis Accelera Omikron A/T 285/50 R20.

Dalam artikel berjudul "Temuan Sementara WHO terkait COVID-19 Varian Omicron" yang dimuat situ liputan6.com menyebutkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan varian B.1.1.529 atau Omicron menjadi varian dalam perhatian atau variant of concern (VOC) pada 26 November.

Pada 28 November, WHO menerangkan ringkasan perkembangan terbaru tentang varian tersebut. Menurut keterangan tertulis, para peneliti di Afrika Selatan dan di seluruh dunia sedang melakukan penelitian untuk lebih memahami banyak aspek Omicron dan akan terus membagikan temuan penelitian ini saat tersedia.

 

Sumber:

http://accelera-radial.com/products/details/omikron-ht

https://m.tribunnews.com/otomotif/2018/08/04/elangperdana-tyre-industry-kenalkan-7-ban-anyar-untuk-penyuka-balap-sampai-petualangan?page=all

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto penularan virus varian baru lewat ban Omikron tidak benar.

Omikron merupakan salah saru tipe ban dari Accelera, ban tersebut sudah dipasarkan sebelum WHO menetapkan varian B.1.1.529 atau Omicron menjadi varian dalam perhatian atau variant of concern (VOC) pada 26 November 2021.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.