Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Akses Akun Facebook Gunakan Bukti Vaksinasi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan yang mengklaim bukti vaksinasi sebagai syarat untuk mengakses akun Facebook. Postingan ini ramai dibagikan sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 30 Oktober 2021.

Dalam postingannya terdapat tampilan awal untuk mengakses akun Facebook dengan tulisan "Log in with your Vaccine ID" atau dalam Bahasa Indonesia "Masuk dengan Bukti Vaksinasi"

Selain itu akun tersebut juga menambahkan narasi:

"Log in with your vaccine ID

bahasa sederhananya yang tidak di FUCKSIN tidak bisa menggunakan media sosial

(penjajahan terkejam adalah membuat orang yang terjajah sampai merasa tidak terjajah)"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim bukti vaksinasi sebagai syarat masuk akun Facebook?

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dengan masuk ke tampilan muka Facebook. Hasilnya tampilan tersebut masih sama seperti sebelumnya.

Tidak ada pilihan untuk masuk ke akun menggunakan bukti vaksinasi. Untuk bisa mengakses akun hanya ada pilihan memasukkan nomor handphone atau alamat email saja.

Tampilan muka ini juga berlaku saat kita mengakses Facebook dalam Bahasa Inggris maupun Indonesia.

Cek Fakta login Facebook menggunakan bukti vaksinasi covid-19.

Selain itu Juru Bicara Metaverse (induk perusahaan Facebook), Andy Stone dalam penjelasannya pada Reuters Fact Check menyebut postingan yang beredar itu tidak benar.

"Gambar itu palsu," ujar Stone.

Sumber:

https://www.reuters.com/article/factcheck-facebook-login/fact-check-facebook-login-screenshot-requesting-vaccine-id-is-fabricated-says-meta-idUSL1N2TR2CV

https://www.facebook.com/

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Postingan yang mengklaim bukti vaksinasi sebagai syarat masuk akun Facebook adalah tidak benar.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.