Sukses

Kumpulan Hoaks Terkini Seputar Hewan, Simak Faktanya

Liputan6.com, Jakarta- Informasi terkait hewan kerap muncul di tengah masyarakat, biasanya kabar yang disajikan fantastis mengundang perhatian.

Cek Fakta Liputan6.com telah menelusuri sejumlah informasi seputar hewan yang beredar belakangan ini, hasilnya sebagian informasi tersebut terbukti tidak benar alias hoaks.

Simak kumpulan hoaks seputar hewan terkini:

1. Burung Penyembur Api Penyebab Kebakaran Hutan Australia

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video burung penyembur api penyebab kebakaran hutan Australia

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim video penampakan burung penyembur api penyebab kebakaran hutan Australia, klaim tersebut diunggah salah satu aku Facebook, pada 12 November 2021.

Video yang diunggah menampilkan sorang yang sedang berbicara, kemudian pada bagian bawahnya terdapat buru yang berlari mengeluarkan sinar laser yang menimbulkan api dan asap.

Pada unggahan tersebut terdaoat tangkapan layar yang berisi foto burung dan tulisan “Burung ini bisa mengeluarkan api dari mulutnya,sepeti yang disebutkan oleh Nabi Muhammad SAW 1400 thn yang lalu. Sekarang scientists di Sydney, Australia menemui penemuan bahaya burung ini. Kemungkinan burung ini yang menyebabkan kebakaran di Australia. Semakin jelas kebenaran IslamFabiayyi aalaa irobbikumaa tukadzibaan”.

Unggahan tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Bismillahirrahmanirrahim..Burung ini hidup di benua AustraliaDan bisa menyemburkan apiSubhanallah.."

Benarkah klaim video burung penyembur api penyebab kebakaran hutan Australia? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.

 

2. Harimau Muncul di Kedungjati Jawa Tengah

Sebuah video yang diklaim kemunculan seekor harimau di Kedungjati, Jawa Tengah beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu channel YouTube pada 24 September 2021.

Video berdurasi 1 menit 36 detik itu diberi judul "Harimau jawa Menolak Punah menampakan diri di daerah kedungjati Jawa tengah". 

Terderangar suara laki-laki yang diduga merekam video tersebut. Dia menyebutkan harimau yang ada dalam video berada di Karangnongko.

"Berbahaya segera ditangkap lur," demikian kata perekam video tersebut.

Benarkah video tersebut merupakan kemunculan seekor harimau di Kedungjati, Jawa Tengah? Berikut hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com berikut ini.

 

3. Kucing dalam Foto Ini Berumur 30 Tahun

 

Gambar Tangkapan Layar Foto Kucing yang Diklaim Berusia 30 Tahun (sumber: Facebook).

Sebuah foto yang diklaim kucing berusia 30 tahun beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 7 Oktober 2021 lalu.

Kucing dalam foto tersebut terlihat memiliki kulit keriput. Matanya layu dan wajahnya tampak menua. Kucing dalam foto tersebut diklaim berusia 30 tahun.

"30 tahun dah umur kucing ni, bersamaan 90 tahun umur manusia, kategori moyang dah ni gais 😧😧😧," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 157 kali direspons dan mendapat 5 komentar warganet.

Benarkah kucing dalam foto tersebut berusia 30 tahun? Berikut hasil penelusurannya di sini.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.