Sukses

Deretan Foto Hoaks Sepekan: 2 WN Malaysia Masuk Indonesia Menculik Anak hingga Gangguan Kabel Internet IndiHome

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah kabar hoaks masih beredar di media sosial selama sepekan terakhir. Beberapa di antaranya menyebar dalam bentuk foto.

Satu di antaranya foto yang diklaim dua WN Malaysia masuk Indonesia dan menculik anak-anak beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 25 September 2021.

Akun Facebook tersebut mengunggah gambar laki-laki dan perempuan kemudian disertakan imbauan dari kepolisian untuk mewaspadai dua orang dari Malaysia yang dituding penculik itu.

"Ini 2orang di bawah..kabarnya orang malaya yg culik anak buat ambil organ tubuhnya..katanya 2 orang ini sudah masuk ke indonesia.. jadi yg punya anak kecil hati2 buat jaga anak2 nya"

"Waspadalah," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 51 ribu kali dibagikan dan mendapat 44 komentar warganet.

Namun setelah ditelusuri, kabar tentang dua WN Malaysia masuk ke Indonesia untuk menculik anak dan menjual organ tubuhnya ternyata tidak benar alias hoaks. Faktanya, informasi tersebut sudah lama disebarkan di jejaring sosial, yaitu sejak 2018.

Selain informasi dua WN Malaysia masuk ke Indonesia untuk menculik anak, terdapat foto hoaks lainnya yang telah ditelusuri. Berikut rangkumannya.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 3 halaman

Foto Gangguan Bawah Kabel Internet IndiHome

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto gangguan kabel internet bawah laut IndiHome. Foto tersebut diunggah salah satu pengguna Facebook, pada 21 September 2021.

Klaim foto yang dikaitkan dengan gangguan kabel internet bawah laut IndiHome menampilkan empat foto, dua foto menampilkan peselam dan dua foto menampilkan benda hitam berbentuk panjang.

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Gangguan internet INDIHOME dan TELKOMSEL sudah di ketahui karena adanya gangguan di kabel JASUKA yg memiliki panjang sekitar 10.860 KM. Gangguan ini terjadi di perairan laut batam dan telah terindifikasi dari titik 1.5 km lepas pantai batam dengan kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut dan meliputi beberapa wilayah yg ada di indonesia diantaranya:1.jawa timur2.bali3.nusa tenggara4.sulewesi5.kalimantan dan6.papua.Bersabar lagi perbaikan!!!".

Setelah ditelusuri, foto tersebut tidak terkait dengan gangguan kabel internet bawah laut IndiHome.

Empat foto yang beredar sudah beredar sebelum gangguan kabel internet bawah laut.

Baca selengkapnya di tautan berikut berikut ini.

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.