Sukses

Komisi III DPR Minta Polri Tindak Tegas Penyebar Hoaks Vaksin Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Komisi III DPR, Andi Rio Idris Padjalangi meminta, Polri menindak tegas para penyebar hoaks terkait vaksin Covid-19 di media sosial.

Menurut Andi Rio, tindakan tegas tersebut bisa dengan memblokir akun-akun penyebar hoaks hingga yang paling berat adalah memproses hukum pelaku.

"Pemerintah serta aparat kepolisian bersama Kemenkominfo harus dapat terus melakukan sosialisasi mengenai pentingnya program vaksinasi. Vaksin sangat bermanfaat bagi kesehatan di situasi pandemi Covid-19, mari kita sukseskan program vaksinasi pemerintah," kata Andi Rio dikutip dari Antara, Kamis (5/8/2021).

Politikus Partai Golkar itu menambahkan, hoaks mempengaruhi minat masyarakat mengikuti vaksinasi Covid-19. Mereka dibuat takut dan bingung oleh informasi palsu di media sosial.

"Bahkan sampai ada masyarakat yang menolak untuk melakukan vaksinisasi, padahal berguna untuk menyelamatkan jiwa masyarakat dari Covid-19," ujarnya.

Lebih lanjut Andi Rio, menilai aparat harus memberikan sanksi tegas kepada pelaku yang membuat hoaks dan kelompoknya agar memberikan efek jera kepada para pelaku serta tidak akan mengulanginya kembali.

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.