Sukses

Cek Fakta: Hoaks Kutipan Hotman Paris Hutapea soal Ancaman Jokowi ke Keluarga Cendana dan Cikeas

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah narasi yang diklaim pernyataan dari pengacara Hotman Paris Hutapea tentang ancaman Jokowi ke keluarga cendana dan cikeas beredar di media sosial. Konten tersebut salah satunya diunggah oleh akun Facebook Al Gha Riz pada 24 Juli 2021.

Akun Facebook Al Gha Riz mengunggah gambar berisi pernyataan yang diklaim dari Hotman Paris Hutapea. Berikut narasinya:

"Saya khawatir jika Pak Jokowi bila dipancing-pancing emosinya.

Hati-hati saja keluarga Cendana dan keluarga Cikeas, harta gono gini kalianlah jadi pertaruhannya. KPK dan Intelijen sudah dari 2014 mengumpulkan data dan faktanya.

Yaaa tinggal menunggu perintah Presiden saja, langsung eksekusi tanah negara yang dikuasi mereka.

Gawat itu, Saya sudah pasti bela Negara.

Hotman Paris"

"Om Hotman Paris berkelakar," tulis akun Facebook Al Gha Riz.

Konten yang disebarkan akun Facebook Al Gha Riz telah 33 kali direpons dan mendapat 4 komentar warganet.

Benarkah Hotman Paris Hutapea memberikan pernyataan soal ancaman Jokowi ke keluarga cendana dan cikeas? Berikut penelusurannya.

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri narasi yang diklaim pernyataan dari pengacara Hotman Paris Hutapea tentang ancaman Jokowi ke keluarga cendana dan cikeas.

Penelusuran dilakukan dengan mengunjungi akun Instagram yang dikelola Hotman Paris Hutapea, @hotmanparisofficial.

Dalam salah satu unggahannya, akun Instagram @hotmanparisofficial membantah pernyataan yang diklaim dari Hotman tentang ancaman Jokowi ke keluarga cendana dan cikeas. Bahkan, akun Instagram @hotmanparisofficial memberikan label hoaks pada foto yang viral di media sosial itu.

"Ini berita Bohong! Tangkap para pelaku yg edarkan berita bohong ini!! Hotman tdk tau ttg selebaran ini," tulis akun Instagram @hotmanparisofficial pada 30 September 2020.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

Gambar Tangkapan Layar Unggahan dari Akun Instagram @hotmanparisofficial.

 

Referensi:

https://www.instagram.com/p/CFvohDWFcIj/

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Narasi yang diklaim pernyataan dari pengacara Hotman Paris Hutapea tentang ancaman Jokowi ke keluarga cendana dan cikeas ternyata tidak benar alias hoaks.

Lewat akun Instagramnya, Hotman Paris Hutapea menyebut bahwa berita tersebut bohong dan berharap pembuat serta penyebar kabar hoaks itu ditangkap.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: