Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini Pendiri Facebook Mark Zuckerberg Pamer Tulisan "I Stand With Israel"

Beredar foto yang diklaim pendiri Facebook Mark Zuckerberg memamerkan tulisan "I stand with ISRAEL". Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim pendiri Facebook Mark Zuckerberg memamerkan tulisan "I stand with ISRAEL" beredar di media sosial. Foto tersebut salah satunya disebarkan akun Facebook Jurnalisia Online pada 19 Mei 2021.

Dalam foto tersebut, Mark Zuckerberg terlihat memakai kaos berwarna abu-abu sambil memegang sebuah kertas bertuliskan "I stand with ISRAEL".

"Mark Zuckerberg Pro Israel, Ada Yang Tak Mau Gunakan Facebook Lagi ?" tulis akun Facebook Jurnalisia Online.

Benarkah dalam foto tersebut pendiri Facebook Mark Zuckerberg memamerkan tulisan "I stand with ISRAEL"? Berikut rangkumannya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim pendiri Facebook Mark Zuckerberg memamerkan tulisan "I stand with ISRAEL".

Penelusuran dilakukan dengan mengunggah foto tersebut ke situs Google Images. Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai foto tersebut.

Satu di antaranya artikel berjudul "Fact Check: Picture of Mark Zuckerberg holding placard in support of Israel is doctored" yang dimuat situs indiatoday.in pada 24 Juni 2021.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa gambar asli menunjukkan Mark Zuckerberg memegang catatan bertuliskan "TERIMA KASIH!" bukan "I stand with ISRAEL".

Gambar serupa juga ditemukan dalam artikel berita lain di situs “Tech Crunch” tertanggal 21 Juli 2010, mengklaim bahwa pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg meresmikan bahwa Facebook telah mencapai 500 juta anggota.

Berikut gambar tangkapn layarnya:

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs indiatoday.in

 

Referensi:

https://www.indiatoday.in/fact-check/story/fact-check-picture-of-mark-zuckerberg-holding-placard-in-support-of-israel-is-doctored-1806482-2021-05-24

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim pendiri Facebook Mark Zuckerberg memamerkan tulisan "I stand with ISRAEL" ternyata tidak benar.

Faktanya, dalam gambar itu Mark Zuckerberg memegang catatan bertuliskan "TERIMA KASIH!" bukan "I stand with ISRAEL".

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.