Sukses

Tak Bermanfaat, Menkominfo Ajak Masyarakat Setop Sebar Hoaks Seputar Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengingatkan masyarakat untuk tidak mengisi ruang digital dengan hoaks. Ia menyebut hoaks dapat mengganggu penanganan pandemi covid-19 yang sedang terjadi.

Data terakhir yang disampaikan Kominfo hingga 4 Mei 2021, terdapat 1.564 isu hoaks terkait covid-19. Isu itu tersebar melalui 3.305 konten di media sosial.

Khusus soal vaksin covid-19, hoaksnya mencapai 180 isu. Isu tersebut tersebar menjadi 1.338 konten di berbagai media sosial.

"Jangan mengisi ruang digital dengan informasi keliru seperti hoaks covid-19. Hal itu berpotensi melanggar UU dan berpotensi melanggar hukum, selain itu menyebarkan hoaks juga tidak bermanfaat," kata Johnny dalam Diskusi Media Forum Merdeka Barat 9 (FMB 9) yang digelar secara virtual, Rabu (5/5/2021).

"Kami bekerjasama dengan platform digital global untuk mengatasi hoaks, terutama terkait covid-19 dan juga vaksin covid-19. Kami mentakedown dan melakukan pembersihan agar ruang digital kita bersih."

#IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: