Sukses

Cek Fakta: Hoaks Said Aqil Siradj Sebut Jokowi Imam Mahdi

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul 'Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj menyebut Presiden Jokowi adalah imam mahdi beredar di media sosial. Kabar tersebut dsebarkan akun Facebook Windy Matteo pada 26 April 2021.

Akun Facebook Windy Matteo mengunggah gambar tangkapan layar artikel berjudul "SAID AQIL: Jangan Bilang Siapa-Siapa ya. Fieling Saya,Pak Jokowi Itu "IMAM MAHDI" Yang Muncul di Akhir Zaman Nanti.

"mo ktwa tkut kena spam akun gw ma fb...," tulis akun Facebook Windy Matteo.

Konten yang disebarkan akun Facebook Windy Matteo telah 5 kali direspons dan mendapat 11 komentar warganet.

Benarkah Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul 'Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj menyebut Presiden Jokowi adalah imam mahdi? Berikut penelusurannya.

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul 'Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj menyebut Presiden Jokowi adalah imam mahdi.

Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "said aqil: jangan bilang siapa-Siapa ya. fieling saya,pak jokowi itu imam mahdi yang muncul di akhir zaman nanti" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya tidak ada artikel dari situs arus utama yang memuat pemberitaan tersebut. Justru Liputan6.com menemukan artikel yang melabeli gambar tangkapan layar tersebut dengan hoaks.

Adalah artikel berjudul "[HOAKS] Berita Said Aqil Sebut Jokowi adalah Imam Mahdi yang Muncul di Akhir Zaman" yang dimuat situs kominfo.go.id pada 27 Juli 2019 lalu.

Beredar pada media sosial sebuah screen capture sebuah media online bbc.com dengan judul "Said Aqil : Jangan Bilang Siapa Siapa Ya, Feeling Saya, Pak Jokowi Itu "Imam Mahdi" Yang Muncul Di Akhir Zaman Nanti"

Faktanya setelah ditelusuri pada laman media online bbc.com dan pencarian google tidak diketemukan berita dengan judul tersebut. Diduga bahwa klaim judul pada screen capture tersebut adalah hasil dari digital editing.

 

Referensi:

https://www.kominfo.go.id/content/detail/20278/hoaks-berita-said-aqil-sebut-jokowi-adalah-imam-mahdi-yang-muncul-di-akhir-zaman/0/laporan_isu_hoaks

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul 'Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj menyebut Presiden Jokowi adalah imam mahdi ternyata tidak benar.

Faktanya, gambar tangkapan layar artikel berjudul "SAID AQIL: Jangan Bilang Siapa-Siapa ya. Fieling Saya,Pak Jokowi Itu "IMAM MAHDI" Yang Muncul di Akhir Zaman Nanti merupakan hasil manipulasi.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: