Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini Jokowi Sedang Menunggu Presiden Makan

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim Jokowi tengah menunggu presiden makan beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan akun Facebook Hari Day pada 5 April 2021.

Dalam foto tersebut, tampak Jokowi dan istri Iriana Jokowi tengah berdiri dihadapan wanita berambut pendek.

Wanita tersebut tampak duduk di atas kursi dengan meja berwarna keemasan. Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan Jokowi yang tengah menunggu presiden makan.

"lagi nungguin presiden makan...," tulis akun Facebook Hari Day.

Konten yang disebarkan akun Facebook Hari Day telah 13 kali dibagikan dan mendapat 184 komentar warganet.

Benarkan dalam foto tersebut Jokowi tengah menunggu presiden makan? Berikut penelusurannya.

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim Jokowi tengah menunggu presiden makan. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah foto tersebut ke situs Yandex.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai foto tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Presiden Jokowi: Jepang Mitra Strategis Indonesia di Berbagai Bidang" yang dimuat situs setkab.go.id pada 15 Januari 2017 lalu.

Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs setkab.go.id

Foto tersebut merupakan peristiwa Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi yang tengah menyaksikan istri dari Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Aike Abe menandatangani buku tamu.

Ketika itu, PM Abe dan istri tengah berkunjung ke Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada 15 Januari 2017 lalu.

"Presiden Jokowi didampingi Ibu Iriana Jokowi dan PM Jepang Shinzo Abe menyaksikan Ny. Akie Abe menandatangani buku tamu, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/1) sore. (Foto: Humas/Agung)," demikian keterangan foto dalam artikel tersebut.

 

Referensi:

https://setkab.go.id/presiden-jokowi-jepang-mitra-strategis-indonesia-di-berbagai-bidang/

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim Jokowi tengah menunggu presiden makan ternyata tidak benar. Faktanya, foto tersebut merupakan rangkaian kegiatan dari kunjungan PM Jepang, Shinzo Abe dan istri Aike Abe ke Istana Bogor, Jawa Barat pada 2017 lalu.

Foto yang disebarkan akun Facebook Hari Day telah dipotong dan ditambahkan narasi yang tidak sesuai dengan fakta sebenarnya.

 

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: