Sukses

Awas Hoaks Pengumuman Pemadaman Listrik Bermodus Sewa Genset

Liputan6.com, Jakarta PLN mengingatkan masyarakat mewaspadai hoaks pengumuman pemadaman listrik, dengan modus penyewaan genset yang mematok harga tinggi.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Doddy B Pangaribuan mengatakan, PLN telah mendapati pengumuman palsu alias hoaks pemadaman listrik akibat gangguan pemeliharaan infrastruktur kelistrikan, melalui surat yang mengatasnamakan PLN.

"Pengumuman biasanya menggunakan surat palsu, disertai dengan nama petugas PLN dan tanda tangan yang salah," kata Doddy, di Jakarta, Jumat (26/2/2021).

Menurut Doddy, surat pengumuman hoaks tersebut disebar bertujuan untuk menjalankan modus penyewaan genset kepada masyarakat yang tidak ingin mengalami pemadaman listrik. Harga sewa yang ditawarkan pun jauh lebih tinggi dibanding harga normal. 

"Ini diluar tugas PLN, namanya penipu harganya berkali lipat," ujarnya.

Doddy mengungkapkan, petugas PLN tidak akan melakukan transaksi di lokasi dan dengan membayar tunai, kini seluruh transaksi PLN dilakukan secara non tunai dan dengan rekening mengatasnamakan PLN.

Dia pun meminta masyarakat waspada terhadap pengumuman hoaks pemadaman listrik akibat pemeliharaan, jika menemukan modus serupa untuk mengantispasi penipuan, masyarakat bisa memeriksa surat tugas oknum yang mengatasnamakan petugas PLN dan tanda pengenal pegawainya. JIka tidak yakin, juga bisa mengkonfirmasi ke pusat informasi PLN yang telah disedikan.

"Apabil ada cek kartu pegawai, cek surat tugas, difoto laporkan lewat saluran yang ada," tutupnya.

 

 

**Ibadah Ramadan makin khusyuk dengan ayat-ayat ini.

2 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut