Sukses

Ratusan Pelajar di Purwakarta Ikut Webinar Cek Fakta agar Tidak Termakan Hoaks

Webinar memberantas informasi hoaks di kalangan pelajar ini mengambil tema: 'Milenial Berantas Hoax, Menjaga Toleransi untuk Negeri'.

Liputan6.com, Jakarta - Ratusan pelajar di SMA Negeri 1 Campaka, Kabupaten Purwakarta, dan sekitarnya, mengikuti webinar Cek Fakta Liputan6.com. Para pelajar terlihat antusias mengikuti webinar Cek Fakta untuk memberantas hoaks yang meresahkan.

Webinar memberantas informasi hoaks di kalangan pelajar ini mengambil tema: 'Milenial Berantas Hoax, Menjaga Toleransi untuk Negeri'. Ini dilakukan melalui virtual pada Senin (15/2/2021).

Ada empat narasumber yang menjadi pembicara di webinar kali ini, yakni Kepala Sekolah SMAN 1 Campaka M Hendi, Redaktur Pelaksana Liputan6.com Edu Krisnadefa, Editor Liputan6.com Pebrianto Eko Wicaksono, dan Koordinator Pegiat Cek Fakta Liputan6.com Karmin Winarta.

Melalui webinar ini, para pelajar sangat antusias menyimak informasi seputar pemberantasan hoaks yang dilakukan Cek Fakta Liputan6.com, sejumlah siswa pun bertanya seputar kegiatan memerangi hoaks tersebut. Salah satunya, Dwiyani Agistari. Pelajar SMAN 1 Campaka ini bertanya soal meningkatkan literasi agar tidak terpapar hoaks.

"Kita harus punya mindset untuk melatih otak dan meningkatkan kompetensi diri. Kalau kita menyadari pentingnya membaca, semuanya akan tergerak," kata Karmin Winarta  dengan sigap menjawab pertanyaan para pelajar.

Kemudian ada Achmad Dede Prakusuma yang bertanya soal memberitahu informasi hoaks yang beredar di media sosial. Pertanyaan ini pun dijawab oleh Edu Krisnadefa.

"Kita harus sopan memberitahu dengan sopan dengan kasih buktinya. Jangan langsung bilang itu salah atau hoaks, apalagi kalau ke orang tua," ujar Edu.

"Hoaks ini sangat serius, bahkan beredar di keluarga. Sebab, kita tidak tahu kalau informasi ini tak diperiksa," kata Edu menambahkan.

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.