Sukses

Cek Fakta: Ini Bukan Foto dari Kera Raksasa yang Hampir Punah, Simak Penelusurannya

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com menemukan sebuah foto yang disebut sebagai kera raksasa yang hampir punah. Postingan itu berada di akun Facebook milik Karunika Arunodi.

Dalam klaimnya, Karunika Arunodi menyebut Gigantopithecus sebagai kera yang terancam punah. Kera raksasa itu terlihat berfoto bersama dengan seorang pria.

Begini narasinya

"Gigantopithecus adalah. Spesies kera yang terancam punah, dianggap sebagai kera hidup terbesar di genus. Tingginya sepuluh kaki dan beratnya 1.200 pon. Dia juga seorang vegetarian."

Karunika Arunodi mengunggah foto itu di Facebook pada 19 Januari 2021. HIngga saat ini, foto itu sudah mendapat 21 like.

Lalu, benarkah itu merupakan foto dari Gigantopithecus, spesies kera raksasa yang hampir punah?

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk membuktikan klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menggunakan pencarian gambar terbalik, Google Images dan Yandex. Ada banyak penelusuran yang memasang foto tersebut, salah satunya AFP dalam artikel berjudul: "Why the real King Kong became extinct".

Dijelaskan dalam artikel tersebut, kera itu memang memiliki nama Gigantopithecus. Namun kera ini sudah punah sejak 100 ribu tahun lalu karena gagal beradaptasi dengan ruput sabana serta perubahan iklim.

Pada masa hidupnya, sekitar satu juta tahun lalu, kera ini hidup di hutan semi-tropis di Cina Selatan dan daratan Asia Tenggara.

Kerabat terdekat dari Gigantopithecus adalah orangutan. Namun, tidak diketahui Gigantopithecus memiliki warna merah keemasan yang sama seperti orangutan atau berwarna hitam seperti gorila.

Hasil penelusuran Google juga mengarahkan ke AFP Fact Check dalam artikel berjudul: "The photo shows a model of an extinct Gigantopithecus ape built by a special effects artist".

Di artikel ini, foto yang diklaim netizen bukanlah Gigantopithecus asli. Itu merupakan model yang dibuat oleh artis efek khusus Hollywood, William Munns.

"Orang-orang internet yang tertarik pada Bigfoot (dan kepercayaan hubungan dengan kera prasejarah ini) dengan cepat menangkap gambar saya dan Giganto sebagai ilustrasi mengesankan tentang seekor kera raksasa yang mungkin masih hidup sampai sekarang," tulis William Munns di blog pribadinya.

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Klaim foto Gigantopithecus, spesies kera yang hampir punah, merupakan informasi yang salah. Faktanya, Gigantopithecus sudah punah sejak 100 ribu tahun lalu.

Foto yang diklaim netizen merupakan model yang dibuat oleh artis efek khusus Hollywood, William Munns.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: