Sukses

Cek Fakta: Hoaks Informasi Subsidi Kuota Internet dari Pemerintah Sebesar 35 GB

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi subsidi kuota internet dari pemerintah sebesar 35 GB.

Informasi subsidi kuota internet dari pemerintah sebesar 35 GB beredar secara berantai di aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut informasi tersebut:

"Ambil 35GB Kuota Internet Free dari Operator!

1.Aktivitas akan segera berakhir, semua orang bisa mengklaim sekali2.Mudah untuk menerimanya,masukkan saja nomor ponsel Anda.3.deadline:2020-13-3 Klik pada link di bawah:http://kuota.lokersumut.my.id/index.html?v=ss"

Informasi tersebut disertakan tautan situs yang tampilannya terdapat tulisan "SIAP-SIAP! SUBSIDI KUOTA INTERNET GRATIS HADIR"

Benarkah informasi subsidi kuota internet dari pemerintah sebesar 35 GB? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi subsidi kuota internet dari pemerintah sebesar 35 GB, dengan menghubungi pihak Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN).

Tim Komunisasi PC-PEN Lalu Hamdani mengatakan, infotmasi subsidi kuota internet dari pemerintah sebesar 35 GB tidak benar.

"Hoaks," kata Lalu, saat berbincang dengan Liputan6.com.

Lalu mengungkapkan, informasi subsidi kuota internet dari pemerintah sebesar 35 GB bukan program pemerintah. Tautan situs yang tercantum dalam informasi tersebut sudah dihapus.

"Tersuspend karena sudah diblock," ujar Lalu.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Informasi subsidi kuota internet dari pemerintah sebesar 35 GB tidak benar.

Informasi tersebut masuk dalam kriteria palsu, sebab pemerintah tidak memiliki program tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.