Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Nenek Berusia 74 Tahun Menari Ekstrem dengan Cucunya di Televisi China

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com menemukan sebuah video yang menggambarkan seorang wanita dan pria berdansa dengan gerakan yang ekstrem. Disebutkan, kalau penari yang wanita merupakan seorang nenek berusia 74 tahun.

Sedangkan penari pria diklaim sebagai cucu dari nenek tersebut. Akun atas nama Yufang Huo mengunggah video dua penari yang disebut nenek dan cucu itu di Facebook.

Video nenek berusia 74 tahun menari dengan cucunya memiliki duras 1 menit 31 detik. Video ini menggembarkan netizen karena aksi penari wanita yang diklaim sudah nenek-nenek masih bisa berputar-putar hingga melompat saat berdansa.

Yufang Huo memberikan narasi untuk video unggahannya sebagai berikut:

"Nenek berusia 74 tahun dari Tiongkok menari bersama cucunya".

Lalu, benarkah klaim tersebut? Simak penelusurannya di halaman berikut.

 

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk menelusuri kebenaran video tersebut, Cek Fakta Liputan6.com membuat tangkapan layar dan mencarinya di pencarian gambar terbalik, Google Image.

Dari hasil penelusuran, ditemukan video dengan versi yang lebih panjang di Weibo. Video yang viral ini dipublikasikan secara resmi di acara televisi dansa China, Dance Smash.

Itu merupakan cuplikan dari episode yang ditayangkan untuk pertama kalinya pada 12 Oktober 2019. Video di Weibo ini juga memberi tahu nama dua penari balet, yanki Wang Zhanfeng (pria) dan Ao Dingwen (wanita).

Namun dalam video tidak disebutkan hubungan keduanya. Untuk melihat video aslinya, klik tautan ini.

Hasil penelusuran pencarian terbalik juga mengarahkan ke situs AFP Fact Check dengan judul artikel: "The video shows a 26-year-old Chinese ballet dancer with her dance partner". Artikel itu sudah dipublikasikan pada 19 November 2020.

Artikel ini mendapat keterangan resmi dari akun Weibo milik Ao Dingwen, yang berusia 26 tahun pada 28 Juni 2020.

Menurut episode lengkap Dance Smash yang pertama kali ditayangkan pada 12 Oktober 2019, yang dapat dilihat di YouTube (klik tautan ini), Wang Zhanfeng mengklaim pada durasi satu jam, lima menit, dan 24 detik bahwa dia berusia 22 tahun.

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Klaim yang menyebut seorang nenek berusia 74 tahun menari dengan gerakan ekstrem bersama cucunya adalah salah karena keterangan dua penari sudah diubah.

Faktanya, penari wanita bernama Ao Dingwen, yang masih berusia 26 tahun, sedangkan Wang Zhangfeng menyebut dirinya berusia 22 tahun.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: