Sukses

Cek Fakta: Hoaks Obat Corona Bernama Pil-Kada

Beredar kabar hoaks obat corona telah ditemukan. Namanya Pil-Kada.

Liputan6.com, Jakarta - Klaim tentang obat corona sudah ditemukan bernama Pil-Kada beredar di media sosial. Klaim ini disebarkan akun Facebook Khair El pada 28 September 2020.

Akun Facebook Khair El mengunggah narasi yang mengklaim bahwa obat virus corona telah ditemukan. Obat tersebut bernama Pil-Kada.

"AKHIRNYA OBAT CORONA DI TEMUKAN NAMA NYA PIL-KADA," tulis akun Facebook Khair El.

Konten tentang obat corona bernama Pil-Kada yang disebarkan akun Facebook Khair El telah mendapat 6 komentar warganet.

Benarkah obat corona telah ditemukan bernama Pil-Kada?

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tentang obat corona sudah ditemukan bernama Pil-Kada. Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "kandidat vaksin corona".

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai obat corona. Satu di antaranya artikel berjudul "Ini 8 Kandidat Vaksin COVID-19 yang Paling Menjanjikan di Dunia" yang dimuat situs Liputan6.com pada 26 September 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi COVID-19 yang menginfeksi jutaan orang di dunia menuntut para peneliti dan ilmuwan untuk mencari solusi atas permasalahan ini.

Dikutip dari livescience, Jumat (25/9/2020), setelah berbulan-bulan, para ilmuwan dan peneliti di dunia telah berusaha menciptakan vaksin untuk mengatasi pandemi COVID-19. Sampai saat ini sudah ada 38 vaksin yang sudah mencapai tahap uji coba pada manusia.

Uji klinis pada vaksin meliputi tiga fase uji coba. Pada tahap satu dan dua, adalah fase untuk memeriksa keamanan dan efek samping. Sedangkan di dalam fase ketiga, para peneliti menguji kemanjuran serta memantau reaksi dari relawan yang menggunakan vaksin tersebut.

Food and Drug Administration (FDA) akan menyetujui vaksin jika percobaan tersebut terbukti aman, efektif dan memiliki manfaat lebih besar dibandingkan dengan risikonya.

Berikut ini adalah 8 vaksin yang telah dikembangkan dan terlihat menjanjikan untuk mengatasi COVID-19 serta beberapa langkah lebih dekat menuju produksi massal:

1. AstraZeneca/Universitas Oxford

Vaksin yang saat ini disebut ChAdOx1 nCoV-19, atau yang dikenal sebagai vaksin Oxford, sedang dikembangkan oleh universitas Inggris bekerja sama dengan perusahaan farmasi AstraZeneca. Uji klinis fase 3 yang diadakan di AS, Inggris dan beberapa negara lain sebelumnya sempat dihentikan pada 6 September lalu karena adanya dugaan efek samping yang menyebabkan radang sumsum belakang pada sukarelawan.

Namun, peradangan tersebut tidak dapat dipastikan berasal dari vaksin atau faktor lain. Lalu uji coba kembali dilakukan beberapa hari kemudian setelah Otoritas Pengaturan Kesehatan Obat Inggris mengatakan bahwa vaksin tersebut aman untuk diuji kembali.

Vaksin ini dibuat dari versi virus flu biasa yang dilemahkan, yang disebut adenovirus, virus yang menginfeksi simpanse. Para peneliti mengubah virus secara genetik sehingga tidak dapat bereplikasi pada manusia serta memberikan gen untuk menghadapi protein lonjakan yang digunakan COVID-19 untuk menginfeksi tubuh manusia.

Secara teori, vaksin akan mengajari tubuh untuk mengenali lonjakan tersebut, sehingga ketika seseorang terpapar, sistem kekebalan tubuh dapat menghancurkannya.

Uji coba fase 3 vaksin ini telah dimulai di Brasil dan akan mendaftarkan hingga 5.000 sukarelawan. Uji coba fase 3 lainnya diharapkan untuk mendaftarkan 10.500 orang tambahan di Inggris dan 30.000 di AS.

Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan (HHS) AS mengumumkan bahwa mereka akan memberikan hingga $ 1,2 miliar (Rp 17,925,840,000,000) kepada AstraZeneca untuk mempercepat proses pengembangan vaksin dan untuk membantu perusahaan membuat setidaknya 300 juta dosis vaksin jika terbukti aman dan efektif.

2. Sinovac Biotech

Vaksin kandidat lain, yang disebut CoronaVac, yang sedang dikembangkan oleh Sinovac Biotech yang berbasis di Beijing Tiongkok. Menurut clinicaltrials.gov, aksin itu aman dan efektif dalam uji klinis awal, dan sedang merekrut untuk uji klinis fase 3 dengan 8.870 peserta di Brasil.

Sinovac memulai uji coba fase 1 dan fase 2 yang melibatkan 743 orang dewasa sehat pada bulan April di provinsi Jiangsu, Tiongkok. Mereka memberi peserta dua dosis vaksin, dengan jarak dua minggu dan melaporkan bahwa vaksin tersebut tidak menyebabkan efek samping yang serius.

Penelitian juga mengatakan lebih dari 90% peserta telah mengembangkan antibodi penawar vaksin, dua minggu setelah menerima dosis kedua. Sinovac sekarang melakukan uji coba fase 2 pada orang dewasa lanjut usia dan kemudian akan melakukan uji coba pada anak-anak dan remaja.

Pada 9 September, Sinovac melaporkan hasil awal yang menjanjikan dari uji klinis fase 1 / fase 2 mereka pada relawan yang lebih tua. Vaksin tersebut tidak menyebabkan reaksi merugikan yang serius dan dapat ditoleransi dengan baik, imbuh perusahaan tersebut.

Tiongkok telah menyetujui vaksin ini untuk penggunaan darurat. Sekitar 90% karyawan Sinovac dan keluarganya telah menggunakan vaksin eksperimental di bawah penggunaan darurat Tiongkok.

3. Moderna/National Institute of Allergy and Infectious Diseases

Vaksin kandidat ini (mRNA-1273), yang dikembangkan oleh perusahaan biotek AS Moderna dan National Institute of Allergy and Infectious Diseases (NIAID). vaksin ini adalah vaksin yang pertama kali diuji pada manusia di AS.

Vaksin Moderna mengandalkan teknologi yang belum pernah digunakan pada vaksin-vaksin lain saat ini, yakni menggunakan materi genetik yang disebut messenger RNA (mRNA).

Vaksin tradisional terdiri dari virus yang dilemahkan atau tidak aktif, atau protein dari virus tersebut, untuk memicu respon imun. Sebaliknya, vaksin mRNA terdiri dari materi genetik yang mengajarkan sel untuk membangun protein virus ini sendiri.

Menurut National Geographic, Vaksin mRNA ini memiliki beberapa keunggulan, termasuk lebih cepat dan lebih mudah dibuat daripada vaksin tradisional. Vaksin tradisional memerlukan waktu panjang untuk berkembang karena para ilmuwan harus menumbuhkan dan menonaktifkan seluruh patogen atau proteinnya.

Selain memiliki kelebihan, vaksin ini juga memiliki kelemahan dengan stabilitas, cepat rusak dan adanya kemungkinan untuk membatasi kekebalan tubuh.

Pada 14 Juli, Moderna menerbitkan hasil awal yang menjanjikan dari uji coba fase 1 yang terdiri dari 45 peserta di The New England Journal of Medicine, dimana semua peserta mengembangkan antibodi penawar pada tingkat di atas rata-rata sama seperti yang ditemukan pada pasien COVID-19 yang pulih.

Vaksin tampaknya aman dan umumnya dapat ditoleransi dengan baik, tetapi lebih dari separuh peserta memiliki beberapa efek samping seperti kelelahan, menggigil, sakit kepala, nyeri otot dan nyeri di tempat suntikan.

Pada bulan April, HHS, di bawah Operasi Warp Speed, berkomitmen untuk mengeluarkan hingga $ 483 juta (Rp 7,215,150,600,000) untuk percepatan pengembangan vaksin Moderna. Vaksin mRNA ini dapat menjadi alternatif yang menjanjikan bila dikembangkan lebih baik lagi.

4. CanSino Biologics/Institut Bioteknologi Beijing

CanSino Biologics bekerja sama dengan Institut Bioteknologi Beijing, mengembangkan kandidat vaksin menggunakan adenovirus yang dilemahkan. Berbeda dengan vaksin Oxford, yang mengandalkan adenovirus yang menginfeksi simpanse, CanSino Biologics menggunakan adenovirus yang menginfeksi manusia.

Bersama Moderna, perusahaan ini juga menerbitkan hasil uji coba fase 2 mereka pada 20 Juli di jurnal The Lancet. Uji coba dilakukan di Wuhan, melibatkan 508 peserta yang secara acak ditugaskan untuk menerima salah satu dari dua dosis berbeda dari vaksin atau plasebo.

Studi ini juga tidak menemukan efek samping yang serius, meskipun beberapa melaporkan reaksi ringan atau sedang termasuk demam, kelelahan dan nyeri di tempat suntikan. Sekitar 90% dari peserta mengembangkan tanggapan sel-T dan sekitar 85% mengembangkan antibodi penawar.

"Hasil dari kedua studi ini menyambut baik uji coba fase 3, di mana vaksin harus diuji pada populasi peserta yang jauh lebih besar untuk menilai kemanjuran dan keamanannya," Naor Bar-Zeev dan William J Moss, keduanya merupakan bagian dari Vaksin Internasional John Hopkins Access Center.

"Secara keseluruhan, hasil dari kedua uji coba secara umum serupa dan menjanjikan," tambah mereka.

5. Sinopharm

Vaksin berikutnya merupakan vaksin yang dibuat oleh China National Pharmaceutical Group (Sinopharm).

Pada 13 Agustus, perusahaan mempublikasikan data dari uji klinis fase 1 dan fase 2 di jurnal JAMA. Dalam uji coba fase 1, 96 orang dewasa sehat secara acak ditugaskan untuk menerima vaksin dosis rendah, sedang atau tinggi atau menerima aluminium hidroksida sebagai plasebo. Mereka diberi vaksin dosis kedua dan ketiga (atau plasebo) masing-masing setelah 28 hari dan 56 hari.

Para peneliti menemukan bahwa vaksin tersebut memicu tubuh mereka untuk memproduksi antibodi penetral.

Dalam percobaan fase 2, 224 orang dewasa diberi dosis sedang atau plasebo dan kemudian suntikan kedua baik 14 hari atau 21 hari setelah yang pertama. Sekali lagi, para peserta mengembangkan antibodi penetral dan melaporkan beberapa reaksi merugikan yang ringan seperti demam ringan.

Perusahaan telah memulai uji coba fase 3 di Abu Dhabi, yang akan merekrut hingga 15.000 orang, dimana para peserta akan menerima satu dari dua jenis vaksin atau plasebo. Perusahaan juga meluncurkan uji coba fase 3 di Peru dan Maroko.

Ratusan ribu warga Tiongkok telah divaksinasi oleh salah satu dari dua vaksin Sinopharm di bawah program penggunaan darurat. Selain itu Uni Emirat Arab juga memberikan persetujuan darurat pada 14 September untuk vaksin virus corona Sinopharm bagi petugas kesehatan garis depan.

6. Pfizer/BioNTech/Fosun Pharmaceutical

Pfizer dan perusahaan bioteknologi Jerman BioNTech sedang mengembangkan vaksin yang menggunakan mRNA untuk mendorong sistem kekebalan mengenali virus corona.

Pada 27 Juli, Pfizer dan BioNTech mengumumkan dimulainya uji coba fase 2 / fase 3 mereka yang akan mendaftarkan hingga 30.000 peserta dan dilakukan di sekitar 120 lokasi di seluruh dunia, termasuk di AS. Namun sebelum itu, Pfizer harus membuktikan keefektifannya ditempat mereka sendiri.

Jika vaksin disetujui atau disahkan, mereka akan memasok hingga 100 juta dosis pada akhir tahun 2020 dan sekitar 1,3 miliar dosis pada akhir tahun 2021.

menurut data fase 1 / fase 2 awal yang dirilis ke database pracetak medRxiv pada 1 Juli, Vaksin tidak menyebabkan efek samping yang serius dan dapat memacu respons kekebalan. Penelitian ini melibatkan 45 pasien yang diberi satu dari tiga dosis vaksin kandidat atau plasebo, dan tidak ada pasien yang mengalami efek samping yang serius.

Para peneliti menemukan bahwa vaksin mendorong sistem kekebalan untuk membuat antibodi penawar pada tingkat 1,8 hingga 2,8 kali lebih tinggi daripada yang ditemukan pada pasien yang pulih. Pfizer juga mengumumkan hasil baru bahwa vaksin itu juga mendorong produksi sel-T khusus untuk virus corona baru.

Pfizer berencana untuk uji coba fase 3 skala besar yang akan dimulai bulan ini dan peninjauan peraturan paling cepat pada bulan Oktober.

7. Perusahaan Farmasi Janssen Johnson & Johnson

Johnson & Johnson memulai uji coba fase 3 di AS pada 23 September, menurut pernyataan dari perusahaan. Uji coba ini akan mendaftarkan hingga 60.000 sukarelawan di seluruh AS, Brasil, Chili, Kolumbia, Meksiko, Peru, Filipina, Afrika Selatan, dan Ukraina.

Permulaan uji coba ini mengikuti "hasil sementara yang positif" mengenai keamanan dan kemanjuran dari uji klinis fase 1 / fase 2, yang telah diserahkan ke medRxiv. Jika vaksin terbukti aman dan efektif, perusahaan akan mengantisipasi gelombang pertama vaksin COVID-19 yang akan tersedia untuk otorisasi penggunaan darurat pada awal 2021.

Vaksin COVID-19 eksperimental Janssen Johnson & Johnson, yang disebut Ad26, dikembangkan dari adenovirus yang dilemahkan dan diberikan kepada sukarelawan sebagai dosis tunggal. Perusahaan berencana untuk melakukan uji coba fase 3 lagi, bekerja sama dengan pemerintah Inggris, untuk menguji dua dosis.

Jenis vaksin ini disebut vaksin berbasis vektor karena menggunakan virus yang dilemahkan (vektor) untuk menyampaikan informasi tentang patogen ke tubuh guna memacu respons imun.

Uji klinis Fase 1/2 Johnson & Johnson dari Ad26.COV2.S mendaftarkan sekitar 1.045 peserta sehat antara usia 18 dan 55 dan mereka yang berusia di atas 65.

Johnson & Johnson baru-baru ini mengumumkan perjanjian $ 1 miliar (Rp 14,938,200,000,000) dengan pemerintah AS untuk memberikan 100 juta dosis vaksin di AS, jika menerima persetujuan atau otorisasi penggunaan darurat dari Food and Drug Administration AS.

8. Novavax

Perusahaan pengembangan vaksin yang berbasis di AS yakni Novavax sedang mengembangkan kandidat vaksin virus korona yang disebut NVX-CoV2373.

Vaksin itu disebut "vaksin nanopartikel rekombinan" yang terdiri dari beberapa protein lonjakan SARS-CoV-2 kemudian digabungkan dalam nanopartikel bersama dengan senyawa peningkat kekebalan yang disebut adjuvan.

Uji coba melibatkan 131 orang dewasa yang sehat, delapan puluh tiga peserta menerima vaksin dengan adjuvan, 25 menerima vaksin tanpa adjuvan dan 23 menerima plasebo. Para peserta diberi dua dosis vaksin dengan selang waktu 21 hari.

Tiga puluh lima hari setelah dosis awal, peserta yang menerima vaksin memiliki respons kekebalan yang melebihi pasien yang pulih dari COVID-19. Semua peserta mengembangkan antibodi penawar pada tingkat empat hingga enam kali lebih besar dari rata-rata yang dikembangkan oleh pasien yang pulih.

Berdasarkan hasil keamanan dari fase 1 ini, perusahaan telah memulai uji coba fase 2 dari studi tersebut. Perusahaan juga telah memulai studi fase 2 terpisah di Afrika Selatan, menguji kandidat vaksin COVID-19 mereka pada relawan yang HIV-negatif dan HIV-positif.

Pada 24 September, Novavax mengumumkan bahwa mereka memulai pengujian fase 3 vaksin di Inggris dan akan mendaftarkan hingga 10.000 sukarelawan.

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim tentang obat corona sudah ditemukan bernama Pil-Kada ternyata tidak benar. Tidak ada nama Pil-Kada dalam kandidat calon obat atau vaksin untuk corona.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini