Sukses

Video Hoaks Sepekan: Penampakan Tuyul dan Raja Thailand Gelar Selawat Cegah Corona

Liputan6.com, Jakarta - Kabar hoaks masih berseliweran di media sosial. Beberapa di antaranya beredar lewat rekaman video. Satu di antaranya video hoaks yang diklaim berisi rekaman penampakan tuyul di sebuah konter handphone.

Video ini viral di media sosial. Misalnya saja seperti yang diunggah akun Facebook Riski Chebol pada 16 September 2020 lalu.

Dalam video berdurasi 7 detik itu, tampak empat orang sedang berbincang di depan konter handphone. Sekilas, ada mahluk bertubuh kecil melintas di depan konter handphone itu.

Video itu kemudian dikaitkan dengan penampakan tuyul di depan konter handphone.

"Penampakan tuyul di konter HP," tulis akun Facebook Riski Chebol.

Setelah ditelusuri, video yang diklalim sebagai penampakan tuyul di depan konter handphone ternyata tidak benar.

Sosok mahluk kecil berlarian dalam video tersebut adalah seorang anak kecil. Tidak ada penampakan tuyul dalam video itu.

Selain video yang diklaim penampakan tuyul, ada video hoaks lainnya yang telah ditelusuri Cek Fakta Liputan6.com. Berikut di antaranya:

 

2 dari 3 halaman

Raja Thailand Gelar Selawat demi Mencegah Corona

Sebuah video yang diklaim Raja Thailand, Vajiralongkorn tengah menggelar selawat untuk keselamatan rakyatnya dari wabah virus corona Covid-19 beredar di media sosial.

Video tersebut diunggah oleh akun Facebook Video Jadi2an pada 4 Juni 2020. Dalam video tersebut, Raja Thailand Vajiralongkorn tampak berdiri sambil membuka tangannya seraya berdoa. Ia terlihat mengenakan setelan jas hitam.

Terdapat juga puluhan orang dalam video tersebut yang tampak mengangkat tangan seperti berdoa. Terdengar juga lantunan selawat dalam video tersebut.

Akun Facebook Video Jadi2an kemudian mengaitkan video tersebut dengan Raja Thailand Vajiralongkorn yang menggelar selawat untuk keselamatan rakyatnya dari wabah virus corona.

"Raja Thailand Gelar Sholawatanuntuk keselamatan rakyatnyadari wabah Corona," tulis akun Facebook Video Jadi2an.

Setelah ditelusuri, video yang diklaim Raja Thailand, Vajiralongkorn tengah menggelar selawat untuk keselamatan rakyatnya dari wabah virus corona Covid-19 ternyata tidak benar.

Video tersebut merupakan peristiwa saat Raja Thailand Vajiralongkorn menghadiri acara peringatan Maulid Nabi pada April 2019 dan tidak ada kaitannya dengan wabah virus corona Covid-19.

 

3 dari 3 halaman

Simak video pilihan berikut ini: