Sukses

Cek Fakta: Salah, Foto Ini Bukan Makam Nabi Adam

Faktanya, foto itu bukanlah makam Nabi Adam, melainkan tempat peristirahatan terakhir Nabi Imran yang terletak di Salalah, Oman bagian barat.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam sepekan terakhir, beredar foto dengan narasi yang menggambarkan makam Nabi Adam, orang pertama yang menghuni Bumi. Foto tersebut memperlihatkan makam yang sangat panjang.

Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan tiga akun yang mengunggah foto dengan narasi makam Nabi Adam. Tiga akun itu adalah Ahmad Rizal, Jhony Anwar, dan Dewa Koslet Tea.

Begini narasi yang ada di foto makam Nabi Adam di akun Ahmad Rizal:

"Inilah makam nabi Adam.. Yang bagikan foto ini semoga besok pagi rezeki berlimpah panjang umur aamiin....."

Lalu, benarkah itu merupakan Nabi Adam, seperti yang diunggah para netizen?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kebenaran foto tersebut. Tim menggunakan mesin pencari, Google Image untuk mengetahui kebenaran foto tersebut.

Hasilnya, tim menemukan ada foto yang sama. Namun, foto itu bukanlah makam Nabi Adam, melainkan tempat peristirahatan terakhir Nabi Imran yang terletak di Salalah, Oman bagian barat.

Hasil penelusuran juga mengarahkan Tim Cek Fakta Liputan6.com pada penjelasan dari situs AFP. Dalam artikelnya pada 4 September 2020, foto tersebut pertama kali beredar di internet pada 22 Juni 2016.

Akun Twitter atas nama @frmuslimpress, menjadi yang pertama mengunggah foto tersebut. Akun itu menyebut foto tersebut makam Nabi Imran. Berikut ini narasi yang mereka berikan untuk keterangan foto itu:

"Di #Oman: Makam Nabi Imran, sebuah #makam sepanjang 30 m."

Kantor berita AFP menyebut klaim makam Nabi Adam yang salah ini sudah dibagikan lebih dari 529 ribu kali sejak tahun 2019.

Tim juga mendapat penjelasan dari Stasiun televisi milik pemerintah setempat, Oman TV, yang mengunggah video makam tersebut di YouTube pada 11 Agustus 2018. Mereka memberi judul dengan bahasa Arab, yang bila diterjemahkan ke Bahasa Indonesia menjadi:

"Makam Nabi Imran | #Dari Salalah | Sabtu 11 Agustus 2018"

Video tersebut sudah dilihat sebanyak 8.933 kali. Untuk melihat videonya, Anda bisa mengklik tautan ini.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang menyebut makan Nabi Adam adalah salah. Faktanya, makam itu milik Nabi Imran yang terletak di Salalah, Oman bagian barat.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini