Sukses

Cek Fakta: Benarkah Daun Kemangi Bisa Mengobati Gatal Kulit?

Liputan6.com, Jakarta - Klaim tentang daun kemangi bisa mengobati gatal kulit beredar di media sosial. Klaim ini disebarkan akun Facebook Iwan Palu pada 4 Mei 2020 lalu.

Akun Facebook Iwan Palu mengunggah gambar daun kemangi. Selain itu ada juga gambar orang yang mengalami bentol di bagian kakinya.

Akun Facebook Iwan Palu kemudian menuliskan narasi tata cara mengobati gatal kulit dengan menggunakan daun kemangi.

"Tips KesehatanAssalamualaikum........

Pasti Ada yang pernah mengalami gatal-gatal seperti ini ???

Gatalnya minta ampuuuun

kadang ngegaruknya sampai berdarah

Alhamdulillah ketemu sama obatnya

Harganya sangat murah dan gampang dapatnya

Daun Kemangi/serawung (bahasa sunda)ūüėĄ

Cukup gosokkan daun kemangi ditempat yang gatal usahakan gosok sampai air daun kemanginya keluar ya karna yang jadi obatnya itu getah daunnya

Indahnya berbagi..," tulis akun Facebook Iwan Palu.

Konten yang disebarkan akun Facebook Iwan Palu telah 10 ribu kali dibagikan dan mendapat 632 komentar warganet.

 

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tentang tentang daun kemangi bisa mengobati gatal kulit. Penelusuran dilakukan dengan menghubungi dokter kulit Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk, Jakarta, dr Melyawati Hermawan, Sp. KK

"Belum ada riset daun kemangi (mengobati gatal)," kata dokter Melyawati kepada Liputan6.com, Selasa (1/9/2020).

Dilansir dari Liputan6.com, daun kemangi memang memiliki manfaat bagi kulit. Tapi tidak dijelaskan bisa mengobati gatal pada kulit.

Liputan6.com, Jakarta - Daun kemangi biasa menjadi lalapan yang menambah cita rasa makanan yang disantap. Namun, bukan cuma bikin makanan makin enak, daun kemangi segar juga bermanfaat bagi kulit lho.

Daun kemangi segar juga memiliki sejumlah khasiat untuk kulit wajah dan tubuh. Hal ini terutama karena sifat antibakteri, antimikroba, dan antiinflamasi yang dimilikinya.Berikut ini kami uraikan beberapa khasiat kecantikan yang bisa didapatkan dari segenggam daun kemangi segar dari berbagai sumber.

1. Mencegah kanker kulit

Dilansir Spiceography, citral dan limonene yang terkandung di dalam kemangi memiliki khasiat antiinflamasi. Begitu juga dengan kandungan vitamin K tinggi yang dimilikinya. Tak hanya ampuh mengatasi peradangan pada jerawat, tetapi juga berkhasiat untuk mencegah kanker kulit.

2. Mencegah jerawat

Seperti dilansir Specialty Produce, kemangi mengandung beberapa jenis minyak esensial. Beberapa di antaranya adalah linalool, nerol dan citral. Ketiganya memiliki fungsi antimikroba dan antibakteri, jadi bisa melindungi kulit dari bakteri dan kuman pemicu jerawat.

Jika ingin memanfaatkan kemangi untuk mengatasi jerawat, ambil segenggam daunnya yang masih segar. Tumbuk dengan peralatan yang higienis, kemudian terapkan pada wajah.

Jika wajah berminyak, tambahkan sedikit air perasan lemon. Sementara bagi kulit kering perlu ditambahkan madu.

3. Meringankan penyakit kulit

Fungsi antimikroba dan antibakteri yang dimiliki kemangi juga efektif untuk mengobati beberapa jenis penyakit kulit, antara lain psoriasis dan panu. Cukup balurkan kemangi segar yang sudah ditumbuk halus pada kulit yang bermasalah, kemudian diamkan selama kurang lebih tiga puluh menit.

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim tentang daun kemangi bisa mengobati gatal kulit ternyata belum terbukti. Dokter kulit Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk, Jakarta, dr Melyawati Hermawan, Sp. KK menyebut belum ada riset yang membuktikan daun kemangi dapat mengobati gatal pada kulit.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com:

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.