Sukses

Cek Fakta: Hoaks Lusa Jokowi Umumkan Mundur dari Presiden

Liputan6.com, Jakarta - Klaim tentang Jokowi yang akan mengumumkan pengunduran diri dari presiden beberapa hari ke depan di media sosial. Klaim ini disebarkan akun Facebook Viral Terkini pada 13 Agustus 2020.

Akun Facebook Viral Terkini mengunggah video berisi narasi "BESOK LUSA, BANGSA INDONESIA AKAN DIKEJUTKAN DENGAN PERNYATAAN JOKOWI MUNDUR ATAU LANJUT".

"BERITA TERBARU HARI INI ~ 260jt JIWA BANGSA INDONESIA MENUNGGU PERNYATAANNYA," tulis akun Facebook Viral Terkini.

Konten tentang Jokowi yang disebarkan akun Facebook Viral Terkini telah 27 kali dibagikan dan mendapat 14 komentar warganet.

 

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tentang Jokowi yang akan mengumumkan pengunduran diri dari presiden beberapa hari ke depan. Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "jokowi umumkan pengunduran diri dari presiden".

Namun tidak ada artikel dari situs arus utama yang menayangkan kabar tentang pengumuman Jokowi mundur dari kursi presiden.

Dilansir dari situs Liputan6.com, Jokowi sampai hari ini Kamis 13 Agustus 2020 masih mengikuti beberapa agenda. Di antaranya memberikan bintang tanda jasa dan kehormatan kepada sejumah tokoh.

Agenda selanjutnya yakni mengukuhkan anggota Paskibraka 2020 dan mengikuti geladi kotor persiapan upacara bendera memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia ke 75.

Dalam kesempatan itu, Jokowi sama sekali tidak memberikan pernyataan mengenai pengumuman dirinya mundur dari kursi presiden.

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim tentang Jokowi yang akan mengumumkan pengunduran diri dari presiden beberapa hari ke depan ternyata tidak benar atau hoaks. Jokowi masih menjalankan tugasnya sebagai Presiden sejak dilantik untuk periode keduanya pada 20 Oktober 2019 lalu.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.