Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Ada Kampus Pemujaan Setan di Bandung

Liputan6.com, Jakarta - Dalam sepekan terakhir, Bandung dihebohkan dengan adanya pemujaan setan yang dilakukan di salah satu universitas swasta yang ada di Kota Kembang. Kabar ini heboh di media sosial Twitter.

Salah satu yang mengabarkan adanya pemujaan setan di Bandung adalah akun @infoD6. Akun tersebut juga memajang foto yang memperlihatkan seperti adanya aktivitas pemujaan setan.

Akun tersebut juga memberikan keterangan foto. Berikut narasinya:

"Viral diBandung, di Kampus Ini disebut Ada Sekte Pemuja Setan."

Beberapa akun Twitter lainnya menyebut universitas yang melakukan pemujaan setan adalah Institut Teknologi Bandung. Benarkah ada hal seperti itu?

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencoba menelusuri kebenaran tersebut. Pertama, tim mencarinya dengan memeriksa akun media sosial dari Institut Teknologi Bandung. Tim pun mendapat akun Instagram kampus tersebut, yakni @itenas.official.

Akun tersebut memberikan klarifikasi atas hal yang ramai dibicarakan di Twitter. Mereka membantah adanya pemujaan setan di kampus mereka.

"Klarifikasi Itenas atas isu hoax yang beredar. Surat klarifikasi ini secara resmi menegaskan bahwa berita yang beredar di media sosial tidaklah benar," bunyi keterangan Institut Teknologi Bandung di foto yang mereka unggah.

"Sehubungan dengan beredarnya berita/informasi/video/postingan di media sosial Instagram, Twitter dan Youtube “Kampus Pemujaan Setan di Bandung” dengan hastag # Bandung # PemujaanSetan # Kampus, kami menilai adanya penggiringan opini/persepsi bahwa kegiatan pemujaan setan yang dimaksud terjadi di kampus kami, Institut Teknologi Nasional Bandung. Hal ini terlihat dari pernyataan “di kampus It*n*s” yang terletak di Jl. PHH Mustapa Bandung.—Berantas hoax dengan bijak menggunakan bersosial media," begitu bunyi klarifikasi dari Institut Teknologi Bandung.

Tim Cek Fakta Liputan6.com juga mendapatkan artikel yang ditulis detik.com pada 25 Juli 2020 dengan judul: 'Soal 'Sekte Pemuja Setan', Begini Penjelasan Lengkap Itenas Bandung'. Dalam artikel tersebut, pihat Itenas membantah adanya aktivitas pemujaan setan di kampus mereka.

"Beberapa foto yang disampaikan merupakan kegiatan mahasiswa kami, tetapi sama sekali tidak ada hubungannya dengan 'Ritual Pemujaan Setan' atau 'Sekte Pemujaan Setan," kata Kepala Biro Kerja Sama, Hubungan Masyarakat, dan Pemasaran Itenas Yulianti Pratama.

"Kegiatan tersebut adalah bagian dari kegiatan Jumat Seram (Jumat Senang Ramai-ramai) yang diadakan oleh mahasiswa kami pada bulan November 2019," tambahnya.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Informasi yang menyebut adanya pemujaan setan di kampus swasta di Bandung, yakni Itenas adalah salah. Faktanya, kegiatan mahasiswa itu adalah Jumat Seram atau Jumat Senang Ramai-Ramai yang dilakukan pada November 2019.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.