Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Karyawan Transmart Palembang Terinfeksi Virus Corona Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Beredar melalui pesan berantai Whatsapp soal kabar karyawan Transmart Palembang terinfeksi virus corona covid-19. Kabar itu marak dibicarakan sejak tengah pekan ini.

Melalui pesan berantai tersebut dikabarkan Transmart Palembang akan tutup selama 10 hari. Pasalnya ada beberapa karyawannya yang positif virus corona covid-19.

Berikut isi pesan berantai tersebut:

"Info hari ini usahakan hindari berkunjung ke Transmart hari ini instruksi Gubernur akan di tutup selama 10 hri di karenakan belasan orang terpapar positif COVID-19. Hari ini Pol-PP berkoordinasi dgn Polda dan pangdam akan menutup transmart demikian utk di sampaikan ke keluarga kita masing2.. utk semnetra jgn berkunjung ke sana dlu."

Lalu benarkah ada karyawan Transmart Palembang yang terkena virus corona covid-19?

2 dari 4 halaman

Penelusuran fakta:

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tersebut dengan melihat akun resmi Transmart di media sosial Twitter, @Transmart_IND. Mereka menyampaikan klarifikasi terkait kabar tersebut sebagai berikut:

"Waspada Hoaks, Klarifikasi PT.Trans Retail Indonesia

Terkait berita yang tersebar mengenai seolah-olah ada karyawan Transmart Palembang yang positif COVID-19, kami informasikan berita itu tidak benar alias hoaks.

Saat ini Transmart Palembang tetap buka dengan selalu memperhatikan protokol kesehatan agar #KeluargaTransmart tetap bisa berbelanja aman dan nyaman."

Selain itu Cek fakta Liputan6.com juga menelusuri fakta dengan mengetikkan kata kunci "Transmart Palembang Corona" di mesin pencarian Google.

Hasilnya ada beberapa berita yang berkaitan dengan kabar tersebut. Salah satunya dari Kumparan dengan judul, "Transmart Bantah Gerai di Palembang Tutup karena Karyawan Positif COVID-19"

Isinya sebagai berikut:

"Pesan berantai bahwa Transmart akan tutup 10 hari di Palembang karena belasan karyawan terpapar COVID-19 dibantah manajemen Transmart. VP Corporate Communication PT. Trans Retail Indonesia Satria Hamid, kepada Urban Id menyampaikan bahwa info tersebut adalah hoaks.

“Terkait berita yang tersebar hari ini yang menyiratkan seolah-olah ada karyawan Transmart Palembang yang positif COVID-19, berita itu tidak benar alias hoaks,” kata Satria, Rabu (29/7).

Satria bilang bahwa informasi tersebut diplesetkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Info yang sebenarnya bahwa ada pekerja proyek pembangunan Bumi Raya City Mall, Kubu Raya Pontianak Kalimantan Barat, yang positif COVID-19. Selain itu, pekerja tersebut bukanlah Karyawan Transmart melainkan pekerja proyek pembangunan Bumi Raya City Mall. Proyek pembangunan Kubu Raya tersebut terpisah dengan area Transmart dan terdapat pagar pemisah di sekeliling proyek.

Pintu masuk proyek pun berbeda, tidak masuk dari Transmart melainkan dari jalan khusus. Berikut ini, pesan berantai yang tersebar seolah-olah terjadi di Palembang.

"Info hari ini usahakan hindari berkunjung ke Transmart hari ini instruksi Gubernur akan di tutup selama 10 hri di karenakan belasan orang terpapar positif COVID-19. Hari ini Pol-PP berkoordinasi dgn Polda dan pangdam akan menutup transmart demikian utk di sampaikan ke keluarga kita masing2.. utk semnetra jgn berkunjung ke sana dlu."

3 dari 4 halaman

Kesimpulan:

Kabar adanya karyawan Transmart Palembang terkena Covid-19 adalah tidak benar alias hoaks.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.