Sukses

Cek Fakta: Hoaks Foto Presiden Jokowi akan Menonjok Wahyu Setiawan dengan Klepon

Liputan6.com, Jakarta- Beredar foto yang mengklaim Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menonjok Wahyu Setiawan dengan klepon.

Wahyu Setiawan merupakan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang saat ini berstatus sebagai terdakwa kasus dugaan suap terkait pergantian antarwaktu anggota DPR RI periode 2019-2024.

Klaim tersebut diunggah akun Facebook Budi Ansyah, pada 23 Juli 2020.

Foto yang diunggah menampilkan Presiden Jokowi yang di tangannya seperti menggenggam dua klepon, masing-masing berada di tangan kanan dan tangan kiri.

Pada foto tersebut diberi tulisan sebagai berikut:

"WOI..

\WAHYU SETIAWAN..!!

BERANI LO BONGKAR KECURANGAN PILPRES 2019

GUE TONJOK LO PAKE "KLEPON""

Benarkah klaim foto Presiden Jokowi akan menonjok Wahyu Setiawan dengan Klepon? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Presiden Jokowi akan menonjok Wahyu Setiawan dengan klepon, dengan menjadikan foto tersebut sebagai bahan penelusuran menggunakan Yandex.

klaim foto Presiden Jokowi akan menonjok Wahyu Setiawan dengan klepon

 Penelusuran mengarah pada akun Twitter resmi Kompas Tv @KompasTV yang mengunggah video Presiden Jokowi sedang berlatih tinju, pada 5 Maret 2020.

Penelusuran  klaim foto Presiden Jokowi akan menonjok Wahyu Setiawan dengan klepon twitter

 

Untuk memastikan kemiripan dengan foto klaim, Cek Fakta Liputan6.com mengamati video berdurasi 0.59 detik tersebut. Hasilnya terdapat tayangan yang indentik dengan foto klaim pada detik 0.45.

Video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Presiden @jokowi menjajal olahraga baru untuk dipraktikkan di waktu luangnya.

Jokowi menuangkan ceritanya mencoba olahraga tinju lewat video blog yang diunggah ke YouTube."

Penelusuran dilanjutkan dengan mengunjungi akun Youtube resmi Presiden Jokowi, terdapat video berjudul #JKWVLOG TINJU yang menayangkan video tentang Presiden Jokowi berlatih tinju. Video tersebut diunggah, pada 3 Maret 2020.

penelusuran klaim foto Presiden Jokowi akan menonjok Wahyu Setiawan dengan klepon youtube

Dari video berdurasi 2 menit tersebut, terdapat cuplikan yang identik dengan foto klaim pada menit 1.09.

 Unggahan video tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Setelah panahan, futsal dan jogging, saya mencoba latihan olah raga baru: tinju. Saya berlatih bersama Pak Abed. Benar-benar melelahkan tapi juga menyegarkan.

Olahraga tinju ternyata tidak sekadar latihan bertarung. Di dalamnya ada pelajaran tentang kecepatan tubuh, gerak refleks, dan konsentrasi pikiran.

Satu yang pasti, olahraga tinju membutuhkan ketahanan fisik yang tinggi. Dan tubuh yang sehat dan bugar, melahirkan pikiran yang jernih."

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim foto Presiden Jokowi akan menonjok Wahyu Setiawan dengan klepon tidak benar.

Foto tersebut sudah mengalami editan, foto diambil dari cuplikasi video Presiden Jokowi sedang berlatih tinju, yang diunggah pada Maret 2018 sebelum KPK menangkap Wahyu Setiawan dan ditetapkan sebagai terdakwa kasus dugaan suap terkait pergantian antarwaktu anggota DPR RI periode 2019-2024.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.