Sukses

Cek Fakta: Ini Bukan Foto Lawas Presiden Jokowi Saat Bekerja di Perkebunan

Liputan6.com, Jakarta - Beredar foto lawas yang diklaim sebagai Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat bekerja di perkebunan.

Foto tersebut diunggah akun Facebook Teguh Sarwono, pada 22 Juni 2020. Foto tersebut menampilkan delapan orang pemuda, sedang berpose di depan sebuah mobil Jeep.

Salah satu pemuda yang jongkok dan bertelanjang dada tersebut diklaim sebagai Presiden Jokowi.

Foto tersebut diberikan keterangan sebagai berikut:

"Met ulang tahun pak jokowi , semoga panjang umur dan siap menerima apapun ke inginan rakyat tanpa harus banyak pertimbangan.

Ini foto beliau saat bekerja di perkebunan, untuk tahun nya saya lupa dan biarlah dari pada jadi kontroversial."

Benarkah foto lawas Presiden Jokowi saat bekerja di perkebunan? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto lawas Presiden Jokowi saat bekerja di perkebunan, menggunakan Yandex.

Penelusuran Foto lawas Presiden Jokowi saat bekerja di perkebunan

 

Penelusuran mengarah pada situs vidio.com, yang mengulas tentang foto tersebut dalam bentuk video yang di beri judul "Beredar Foto Lawas Jokowi, Bikin Heboh Warganet".

Video yang ditayangkan situs tersebut menampilkan foto yang identik dengan klaim. Tayangan tersebut menyebutkan, beredar foto lawas Presiden Jokowi yang membuat heboh warganet, foto tersebut bersumber dari unggahan akun instagram @M.BAHRUNNAJACH.

Data video yang ditampilkan situs tersebut bersumber dari artikel berjudul "Beredar Foto Lawas Jokowi Muda Telanjang Dada, Bikin Warganet Pangling" yang dimuat situs Liputan6.com, pada 12 Februari 2019.

Artikel tersebut menyatakan, dilihat dari latar belakang mobil tersebut, tampaknya Jokowi sedang mengikuti ekspedisi Gunung Kerinci. Orang nomor satu di Indonesia itu memang dikenal sebagai anggota aktif pencinta alam dari Universitas Gadjah Mada (Mapala Silvagama).

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Salah satu orang dalam foto lawas tersebut memang Presiden Jokowi, namun bukan saat bekerja di perkebunan.

Foto tersebut menunjukan Presiden Jokowi bersama rombonganya yang sedang ekspedisi Gunung Kerinci.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.