Sukses

Cek Fakta: Benarkah Orangtua dari 5 Anak Ini Meninggal karena COVID-19?

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang 5 bersaudara yang orang tuanya meninggal karena virus corona COVID-19 beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan akun Facebook Irene Endarti pada 11 Juni 2020.

Akun Facebook Irene Endarti mengunggah foto 5 anak yang diklaim bersaudara. Mereka tampak berdiri di sebuah ruangan. Ada juga foto KTP seorang pria yang diklaim sebagai orang tua mereka.

Dalam gambar tersebut, terdapat narasi sebagai berikut: papa mama meninggal krn covid 19. 5 bersaudara kandung ini nunggu diadopsi oleh para budiman.

Konten yang disebarkan akun Facebook Irene Endarti telah 127 kali dibagikan dan mendapat 37 komentar warganet.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang 5 bersaudara yang orang tuanya meninggal karena virus corona COVID-19. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar kelima anak tersebut ke situs pencari Google Reverse Image.

Hasilnya terdapat gambar serupa yang diunggah di media sosial. Satu di antaranya akun Twitter resmi milik Humas Kota Surabaya, @BanggaSurabaya pada 10 Juni 2020.

Akun Twitter @BanggaSurabaya menuliskan narasi yang menjelaskan mengenai gambar 5 saudara kandung tersebut. Akun Twitter @BanggaSurabaya menyebut bahwa tidak ada pasien COVID-19 atas nama KTP yang ada dalam gambar tersebut.

Gambar Tangkapan Layar Cuitan Akun Twitter @BanggaSurabaya

"Pemkot Surabaya melakukan tindak cepat terkait menyebarnya informasi seperti gambar ini.

Hasil koordinasi dengan Puskesmas Kalijudan, warga Surabaya yang beralamat di Kalijudan ini ternyata sudah tidak tinggal di alamat tersebut selama dua tahun.

Tetangga yang bersangkutan juga tidak mengetahui kepindahan warga tersebut.

Saat ini, di alamat tersebut, sudah ditempati orang lain dan tidak ada hubungan dengan keluarga tersebut.

Di dalam data kami, juga tidak ditemukan data pasien covid19 atas nama tersebut.

Diharapkan, dengan informasi ini, semua pihak untuk tidak mudah menyebarkan informasi yang belum tentu benar dan bisa melakukan konfirmasi kepada kami #BanggaSurabaya," tulis akun Twitter @BanggaSurabaya.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang 5 bersaudara yang orang tuanya meninggal karena virus corona COVID-19 ternyata tidak benar. Pemkot Surabaya tidak ditemukan data pasien covid-19 atas nama di E-KTP tersebut.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.