Sukses

Cek Fakta: Hoaks Judul Artikel Vivanews.com Wapres Minta Warga Ikhlaskan Dana Haji agar Masuk Surga

Beredar tangkapan layar artikel berjudul "Wapres Ikhlaskan Saja Dana Haji Di Pakai Pemerintah Biar Kalian Masuk Surga" yang dimuat situs vivanews.com. Ini faktanya

Liputan6.com, Jakarta- Beredar tangkapan layar artikel berjudul "Wapres Ikhlaskan Saja Dana Haji Di Pakai Pemerintah Biar Kalian Masuk Surga" yang dimuat situs vivanews.com.

Tangkapan layar judul artikel tersebut diunggah akun Anggita Manzi, pada 7 Juni 2020.

Diberikan keterangan sebagai berikut:

"Duh...kl gini salah siapa???"

Pada tangkapan layar artikel tersebut ditambahkan keterangan “Dengerin Noh Kalau Simbah Ngomong Buat Yang Punya Dana Haji Dan Ndak Bisa Berangkat Ke Tanah Suci Ikhlaskan Saja Dana Hajinya Di Pakai Pemerintah Tiket Surga Sudah Kalian Genggam Di Tangan.”

Benarkah artikel berjudul "Wapres Ikhlaskan Saja Dana Haji Di Pakai Pemerintah Biar Kalian Masuk Surga" yang dimuat situs vivanews.com? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim artikel berjudul "Wapres Ikhlaskan Saja Dana Haji Di Pakai Pemerintah Biar Kalian Masuk Surga" yang dimuat situs vivanews.com dengan Google Image dan Yandex, namun tidak ditemukan keterangan terkait klaim tersebut.

Penelurusan dilanjutkan menggunakan Google Search dengan kata kunci 'Wapres Minta Warga Ikhlaskan Dana Haji agar Masuk Surga vivanews', penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Cek Fakta: Wapres Minta Warga Ikhlaskan Dana Haji agar Masuk Surga" yang dimuat situs vivanews.com, pada 10 Juni 2020.

Situs tersebut menyatakan, foto tangkapan layar yang diunggah itu merupakan hasil suntingan atau editan. Penelusuran melalui indeks pencarian artikel pada resmi Viva.co.id pada tanggal dan jam yang sama ditemukan artikel asli yang berjudul “Jokowi Pusing Tangani Corona, Ma’ruf Amin ‘Hilang Ditelan Bumi'”.

 Berikut isi artikelnya:

VIVA – Indonesia masih menghadapi pandemi COVID-19, meski pemerintah gencar menyiapkan tatanan baru atau new normal, namun kasus COVID-19 masih mengalami kenaikan,

Positif COVID-19 di Indonesia hingga Kamis, 4 Juni 2020 tercatat mengalami kenaikan sebanyak 585 kasus. Sehingga total kasus positif di tanah air mencapai 28.818 kasus.

"Hari ini spesimen yang diperiksa sebanyak 13. 206 spesimen baik melalui real time PCR dan tes cepat molekuler. Sehingga total  spesimen yang diperiksa ada sebanyak 367.640 spesimen. Dari pemeriksaan kita dapatkan kasus konfirmasi positif bertambah sebanyak 585 orang sehingga menjadi 28.818 kasus," kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, Gedung BNPB Jakarta Timur, Kamis 4 Juni 2020.

Pasien sembuh di tanah air mengalami penambahan sebanyak  486 pasien. Sehingga total pasien sembuh dari virus ini sebanyak 8.892 pasien.

Sedangkan untuk kasus kematian juga dilaporkan mengalami penambahan sebanyak 23  kasus. Sehingga total kasus kematian dilaporkan sebanyak 1.721 kasus. Di sisi lain jumlah akumulasi dari ODP di tanah air sebanyak 47.373  orang. 

Sedangkan untuk jumlah akumulasi PDP di tanah air sebanyak 13. 416 yang mana sebagain besar sudah selesai dipantau.

"Kesadaran masyarakat mulai menyadari untuk rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Sudah mampu mematuhi ketentuan menjaga jarak, menggunakan masker, mulai sadar tidak ada untungnya berkerumun," ucap Yuri.

Belakangan, diketahui yang kerap muncul ke publik adalah Presiden Joko Widodo. Ia bahkan beberapa waktu lalu memantau persiapan penerapan new normal, salah satunya ke Mal Summarecon Bekasi.

Jokowi berkali-kali menyerukan pesan optimisme bahwa masyarakat Indonesia akan mampu melakukan aktivitas seperti sedia kala.

Sementara itu, Wakil Presiden, Ma'ruf Amin memang jarang muncul dan ‘menghilang ditelan bumi’. Hal ini turut menjadi sorotan, salah satunya dari penceramah dan motivator Haikal Hassan Barabas. 

Pria yang akrab disapa Babe Haikal itu menyampaikan kerinduan bernada sindiran atas ketidakmunculan Ma'ruf ke publik. Ia mengaku rindu dengan Ma'ruf dan mendampingi Jokowi lagi dalam situasi saat ini.

"Kangen kyai ma'ruf amin...Saat dampingi presiden...Terakhir kapan ya...Udah lama gak lihat...Dulu mudah jumpa beliau...Sekarang sulit krn wapres...Tapi jadi jarang lihat...

Semoga sehat selalu kyai...," tulis Haikal di akun Twitternya seperti dilansir VIVA, Jumat 5 Juni 2020.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Tangkapan layar judul artikel Wapres Minta Warga Ikhlaskan Dana Haji agar Masuk Surga merupakan hasil editan, judul artikel asli yang dimuat situs vivanews.com adalah “Jokowi Pusing Tangani Corona, Ma’ruf Amin ‘Hilang Ditelan Bumi'”.

 

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini