Sukses

Cek Fakta: Pria yang Dikabarkan Hamil Ini Ternyata Transgender

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang seorang pria yang mengalami kehamilan beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan situs bombastispedia.blogspot.com dengan judul artikel "Pria Ini Awalnya Tak Percaya Bisa Hamil, Setelah Tes USG Ternyata Ada Bayi Lelaki di Perutnya".

Berikut isinya:

Namun itulah yang benar-benar terjadi pada seorang pria asal San Antonio, Texas, AS. Lelaki bernama Wyley Simpson ini mengandung bayi lelaki dalam perutnya yang terlihat membesar pada 2018.

Ia dan pasangannya menceritakan kisa 'kehamilan tak terduga' yang mereka alami di acara Extreme Love pada Jumat (5/4/2019).

Seperti yang dilansir dari Daily Mail, Wyley Simpson merupakan lelaki transgender yang sudah berpacaran dengan Stephan Gaeth (27) beberapa tahun terakhir.

"Aku mungkin satu-satunya pria transgender yang hamil, mungkin di Texas," ujar Wyley.

Wyley merupakan lelaki transgender yang sedang 'berlaih' dari wanita ke pria ketika kehamilan ini diketahui olehnya.

"Aku selalu merasa tidak nyaman di tubuh perempuan."

"Aku selalu meresa berbeda, seperti aku terjebak dalam sesuatu yang tidak aku lihat sebagai diriku sendiri," sambung Wyley menjelaskan mengapa dirinya memilih sebagai seorang transgender.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang seorang pria yang dimuat situs bombastispedia.blogspot.com. Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "Wyley Simpson". Wyley Simpson merupakan pria yang diklaim mengalami kehamilan dalam artikel itu.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai kehamilan yang dialami Wyley Simpson. Satu di antaranya artikel berjudul "Transgender man who was told he couldn't fall pregnant reveals his delight at welcoming a son - but admits the abuse he received from strangers has put him off having another" yang dimuat situs dailymail.co.uk pada 6 Maret 2019 lalu.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa Wyley Simpson adalah seorang transgender. Ia tinggal di Texas, Amerika Serikat bersama tunangannya, Stephen Gaeth yang juga transgender.

Meskipun menggunakan terapi testosteron dan diberitahu oleh dokter bahwa dia tidak bisa hamil karena telah berhenti mengalami menstruasi, pasangan itu menemukan Simpson hamil pada Februari 2018.

Meskipun pada awalnya mereka tidak merasa siap untuk menjadi orang tua, Wyley Simpson menjalani kehamilannya. Pada bulan September 2018, ia melahirkan putra bernama Rowan, melalui operasi sesar.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Judul artikel "Pria Ini Awalnya Tak Percaya Bisa Hamil, Setelah Tes USG Ternyata Ada Bayi Lelaki di Perutnya" yang disebarkan situs bombastispedia.blogspot.com tidak sesuai dengan isi berita yang ditampilkan dan berpotensi menimbulkan interpretasi berbeda.

Wyley Simpson merupakan transgender yang mengubah kelaminnya menjadi pria.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.