Sukses

Cek Fakta: Pramugari Lion Air Positif Covid-19 Dirawat di RS AN-NISA, Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Viral kabar seorang Pramugari Lion Air terkonfirmasi positif Virus Corona baru (Covid-19) sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit AN-Nisa, Tangerang.

Kabar tersebut beredar lewat pesan berantai aplikasi WhatsApp, berikut isinya.

"Info terbaru...Corona sudah masuk ke

TB telaga Bestari , pramugari lion air

sdh terinfeksi dan saat ini di rawat di

RS Annisa".

Di himbau untuk tdk jln2 ke TB dan juga Citra raya".

Benarkah seorang Pramugari Lion Air terkonfirmasi positif Virus Corona baru? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim seorang Pramugari Lion Air terkonfirmasi positif Virus Corona baru (Covid-19), dengan menghubungi pihak Lion Air.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro menyatakan, tidak ada Pramugari Lion Air yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Dia pun membantah kabar seorang Pramugari Lion Air terkonfirmasi positif Covid-19 sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Annisa.

"Lion Air menyatakan tidak benar adanya info yang menyatakan pramugari terkena virus," kata Danang, saat berbincang dengan Liputan6.com, Selasa (17/3/2020).

Menurut Danang, Lion Air sudah mengimbau seluruh pegawainya untuk tetap menjaga kesehatan, lingkungan, makan teratur dan memberikan rekomendasi lainnya. Tujuannya, agar terhindar dari Covid-19.

"Dalam upaya menjaga kesehatan, yang bertujuan untuk keselamatan dan keamanan penerbangan," tuturnya.

Manajemen Rumah Sakit AN-Nisa Tangerang pun telah membantah kabar sedang merawat pasien terkonfirmasi positif Covid-19.

Informasi bantahan tersebut melalui akun resmi Instagram @rsannisatangerang.

Berikut isinya.

"Manajemen RS AN-NISA TANGERANG menghimbau bahwa sampai saat ini kami tidak merawat pasien positif COVID-19. Dan tidak ada tenaga kesehatan kami yang diduga maupun positif COVID-19. Saat ini kami juga memiliki tim COVID RS AN-NISA yang merupakan tim kesiapsiagaan mencegah penularan COVID-19 yang intens melakukan pemeriksaan terhadap setiap pengunjung dan komunikasi serta koordinasi denganDinkes Tangerang dan Rumah Sakit Rujukan.

Jika ada indikasi pasien dengan gejala mengarah kepada COVID-19, maka akan segera dirujuk ke rumah sakit rujukan yang telah ditentukan Kementrian Kesehatan RI untuk menangani pasien sesuai prosedur yang berlaku.

Segala pemberitaan yang bukan berasal dari Manajemen RS AN-NISA TANGERANG adalah diluar tanggung jawab kami. Demikian himbauan ini disampaikan untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya."

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar seorang Pramugari Lion Air terkonfirmasi positif Covid-19, sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Annisa, Tangerang tidak benar. Pihak Lion Air dan RS AN-NISA TANGERANG telah membantah kabar tersebut.

Jika ada indikasi pasien dengan gejala mengarah kepada COVID-19, maka akan segera dirujuk ke rumah sakit rujukan yang telah ditentukan Kementrian Kesehatan RI untuk menangani pasien sesuai prosedur yang berlaku.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Loading
Artikel Selanjutnya
Cek Fakta: Pasar Tanah Abang Dikabarkan Tutup Sementara karena Covid-19, Ini Faktanya
Artikel Selanjutnya
Cek Fakta: China Akui Dokter Palestina Temukan Vaksin Covid-19? Ini Faktanya