Sukses

Cek Fakta: Jenazah Terlilit Ular, Azab Orang Tak Pernah Bayar Utang?

Viral kabar tentang jenazah terlilit ular karena tak pernah bayar utang. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang jenazah terlilit ular karena semasa hidupnya kerap tak pernah melunasi utang-utangnya beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan oleh situs informasi-news-terkini.blogspot.com.

Akun ini mengunggah sebuah gambar jenazah yang sudah terbungkus kain kafan. Namun, ada seekor ular yang melilit jenazah tersebut. Gambar tersebut dimuat dalam artikel berjudul "Azab Bagi Orang Yang Suka Berhutang Tapi Tidak Pernah Untuk Melunasinya".

Berikut isi artikelnya:

Jadi trend dikala ini, bila tidak dapat mempunyai kendaraan kredit dapat jadi solusinya. nah, gimana perihal ini, karna sepanjang ini belum sempat terdapat kredit syariah buat kendaraan. sesungguhnya gimana peran hutang ini bagi agama.

Hasil gambar untuk foto jenazah dililit ular

Dari tsauban, rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, مَنْ فَارَقَ الرُّوحُ الْجَسَدَ وَهُوَ بَرِىءٌ مِنْ ثَلاَثٍ دَخَلَالْجَنَّةَ مِنَ الْكِبْرِ وَالْغُلُولِ وَالدَّيْنِ“Barangsiapa yang ruhnya terpisah dari jasadnya dan juga ia terbebas dari 3 perihal: [1] sombong, [2] ghulul (khianat), dan juga [3] hutang, hingga ia hendak masuk surga.” (HR. Ibnu Majah nomor. 2412. Syaikh Albani berkata kalau hadits ini shohih).

Ibnu majah mengantarkan hadits ini pada bab Peringatan Keras Menimpa Hutang.

Dari ‘Abdillah bin ‘Amr bin ‘Ash, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

يُغْفَرُ لِلشَّهِيدِ كُلُّ ذَنْبٍ إِلاَّ الدَّيْنَ“Semua dosa orang yang mati syahid hendak diampuni kecuali hutang.” (HR. Muslim nomor. 1886)

Sumber: hikmahdankisahislam.blogspot.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek fakta Liputan6.com mencoba menelusuri kabar tentang jenazah yang terlilit ular, termasuk fotonya.

Foto tersebut ditelusuri dengan menggunakan google images. Hasilnya ada sejumlah artikel yang menjelaskan mengenai foto jenazah yang terlilit ular tersebut.

Satu di antaranya adalah artikel berjudul "Heboh Foto Mayat Berwajah Gosong dan Dililit Ular, Ini Fakta Sesungguhnya" yang dimuat situs medan.tribunnews.com.

TRIBUN-MEDAN.COM - Beberapa foto yang memperlihatkan jenazah seseorang mendadak viral di jejaring sosial berbagi pesan WhatsApp.

Hal ini lantaran penampilan mayat tersebut tampak tak biasa.

Dalam foto yang tersebar itu tampak jenazah berbaut kain kafan di sekujur tubuhnya.

Sementara wajah jenazah itu terlihat hitam legam.

Tak cukup sampai disitu, dari pesan berantai yang ramai jadi perbincangan tersebut, jenazah ini juga dililit ular di bagian leher.

Dari pesan berantai dikatakan fenomena tak biasa ini terjadi di salah satu wilayah di Jawa Tengah padahal kenyataan soal foto tersebut silakan simak lengkap ada di akhir berita ini.

Berikut isi lengkap postingan tentang fenomena yang menghebohkan itu:

"Pelajaran bagi kita yang beragama Islam, mari kita jalankan rukun Islam khususnya salat dengan baik.

Ada kisah nyata, setelah jenazah dikafankan dan akan disalatkan, tiba-tiba ada seekor ular besar, entah dari mana dan melingkar di leher jenazah dan membelitnya.

Sehingga warga sekitar menjadi kaget dan panik, akhirnya ular itupun dilepaskan dari leher jenazah dan diamankan..."

"Alangkah kagetnya sewaktu kain kafan dibuka (untuk melepaskan ular dari leher jenazah) terlihat wajah jenazah itu menjadi hitam legam.

Tatkala jenazah akan dibawa ke masjid untuk disalatkan, tiba-tiba ular itu telah berada lagi di dalam kain kafan dan membelit jenazah...

Bertanyalah sang ustadz kepada keluarga jenazah kenapa bisa seperti ini, apa perbuatan almarhum ini selama hidupnya...

Pihak keluarga menjawab meskipun diingatkan SELALU MENIGGALKAN SALAT...

Ustadz itupun tanpa bertanya lebih jauh lagi kemudian berkata:

'Mari kita langsung salatkan disini, tidak usah dibawa ke Masjid.'

Sesampai di pemakaman, ular itupun ikut di kuburkan karena tak mau lepas dan terus menggigit jenazah.

Wallohu a'lam bishowab...

Semoga kisah nyata diatas menjadi pelajaran untuk kita semua untuk jangan pernah meninggalkan salat," demikian bunyi tulisan dalam unggahan tersebut.

Berkaitan dengan hal yang jadi viral ini, kebenaran kemudian terbuka.

Kabar yang jadi viral dan dikatakan terjadi di Jawa Tengah merupakan kabar hoax.

Foto tersebut beredar dan jadi viral dengan bumbu-bumbu cerita.

Foto tersebut bahkan sudah beredar jadi viral sejak 2014 silam dan beredar kabar yang jauh dari kebenarannya.

Laman M Star, media online asal Malaysia memberikan penjelasan terkait foto yang jadi viral tersebut.

Dalam pemberitaan laman tersebut pada 2014 silam, diketahui foto yang beredar ini merupakan adegan dalam sinetron atau film.

"Ya, itu merupakan salah satu bagian dalam adegan 'Tanah Kubur' episode 'Kutuk Azan'. Saya juga tidak tahu bagaimana awalnya foto tersebut bisa beredar," kata Namanzee Harris, pihak yang bertanggung jawab dalam pembuatan sinetron tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang jenazah terlilit ular karena tidak melunasi utang-utangnya ternyata tidak benar. Foto yang disebarkan situs informasi-news-terkini.blogspot.com merupakan salah satu adegan dalam drama film di Malaysia dengan judul "Tanah Kubur : Kutuk Azan."

Narasi yang disampaikan dalam artikel di situs informasi-news-terkini.blogspot.com tidak sesuai dengan fakta sebenarnya.

 

Data: Eka M

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.