Sukses

Cek Fakta: Viral Foto Muslim Palestina Ditahan di Penjara Bawah Tanah Israel, Faktanya?

Viral foto orang-orang Palestina yang ditahan di penjara bawah tanah oleh Israel, benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang muslim Palestina yang dipenjara oleh Israel beredar di media sosial. Kabar ini tersebar lewat sebuah foto yang diunggah akun facebook Warung Panti Asuhan Albalad pada 24 Januari 2020.

Foto yang diunggah akun tersebut memperlihatkan sejumlah pria yang ditempatkan di dalam sebuah ruangan mirip penjara.

Akun facebook Warung Panti Asuhan kemudian menambahkan narasi dalam konten yang diunggahnya. Ia mengaitkan bahwa foto tersebut adalah tahanan muslim Palestina.

"Muslim Palestina di penjara di ruang bawah tanah IsraelTidak adakah umat muslim Dunia ini bisa mencegah penganiayaan ini, publikasikan," tulis akun facebook Warung Panti Asuhan.

Kabar yang diunggah akun facebook Warung Panti Asuhan Albalad telah 2.300 kali dibagikan dan mendapat 103 komentar warganet.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penelusuran Fakta

Setelah ditelusuri tim cek fakta Liputan6.com, foto tentang muslim Palestina yang ditahan dalam penjara bawah tanah oleh Israel ternyata tidak benar.

Informasi ini dikutip dari situs falsoo.com dengan judul artikel "ما حقيقة الصورة المسربة لمعتقلين سوريين فى سجون إدارة المخابرات بدمشق؟"

قصة بعيدة عن المنطق تداولها بعض مستخدمى فيسبوك، زاعمين أنه تم تسريب صورة لمعتقلين سوريين فى إدارة المخابرات العامة بدمشق. وأرفقوا القصة غير المنطقية بصورة لعدد كبير من الرجال نصف عراة متكدسين فى مكان مغلق على الأرض.

تفاعل عدد كبير من المستخدمين مع الصورة وأعادوا نشرها مع الكثير من التعاطف والغضب ولكن عدم منطقية فكرة تسريب صور من داخل المخابرات دفعنا للبحث عن الصورة. وبالبحث تبين لـ"فالصو" الآتى: 1 - الصورة ليست لمعتقلين سوريين وإنما لعدد من مقاتلى تنظيم داعش.

2- تم التقاط الصورة بعد قبض قوات سوريا الديمقراطية عليهم فى بلدة باغوز شرق سوريا.

3 - تم تسليم هؤلاء المعتقلين للقوات العراقية وقيل وقتها إن بينهم عددا كبيرا من الأوروبيين، وبينهم بعض المدنيين الذين لم يتورطوا مع داعش ولكن لم يتسن التأكد من هذه المعلومات.

Jika diterjemahkan, situs tersebut menjelaskan tentang foto tahanan yang viral itu. Foto tersebut merupakan tahanan  yang ditangkap oleh Pasukan Demokratik Suriah (SDF) di kota Baghouz di Suriah timur.

 

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Foto yang disebarkan akun facebook Warung Panti Asuhan Albalad bukan merupakan tahanan muslim Palestina yang ditahan oleh Israel.

Narasi yang disebarkan akun facebook Warung Panti Asuhan Albalad tidak sesuai dengan fakta sebenarnya.

 

Data: Eka M

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini