Sukses

[Cek Fakta] Hoaks Penampakan Bayi Aneh yang Dikaitkan dengan Tanda Akhir Zaman

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah akun Facebook bernama Maluku Bakata membagikan sebuah foto seorang bayi mungil yang memiliki wajah tak biasa. Bayi yang nampak dalam foto itu juga memiliki taring.

Foto tersebut diunggah pada Senin, 23 Desember 2019 lalu. "50Tahun nasip buruk jika mengabikan photo ini ‚úč share, bagikanūüĎź" tulis Maluku Bakata menyertai unggahannya.

Dalam foto tersebut ada bayi yang sedang terlihat seperti merangkak dan kepalanya dipegang oleh tangan dewasa.

"YAA ALLAH APAKAN INI TANDA AKHIR JAMAN

SEMOGA YANG MENULIS AMIN DI JAUKAN DARI AZAB DUNIA AKHIRAT AMIN.

YANG PERCAYA ALLAH DAN HARI KIAMAT ITU ADA, SILAKAN LIKE, SHARE, BAGIKAN YANG TIDAK PERCAYA ABAIKAN" tulis narasi yang ada di dalam foto.

[Cek Fakta] Beredar Foto Bayi Berwajah Aneh Miliki Taring, Fakta atau Hoaks?

Unggahan foto tersebut hingga saat ini sudah dibagikan 26 ribu kali dan mendapat tanda suka 7.200. Selain itu, ada 4.100 komentar dalam foto tersebut.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencoba menelusuri kebenaran serta keaslian dari foto tersebut. Penelusuran gambar dilakukan dengan menggunakan Yandex.com.

Ada cukup banyak hasil dari penelusuran foto tersebut. Dan hasilnya, foto itu tidak hanya beredar di Indonesia tetapi juga berbagai belahan dunia.

[Cek Fakta] Beredar Foto Bayi Berwajah Aneh Miliki Taring, Fakta atau Hoaks?

 

Salah satu hasilnya mengarah pada artikel yang ditulis www.vkusot.ru, terkait temuan makhluk mengerikan di Pahang, Malaysia yang disangkal aparat setempat.

Dalam artikel itu dijelaskan, kabar temuan 'monster' di kawasan Pahang menggegerkan warga. Namun, pihak berwenang menyangkalnya.

 

[Cek Fakta] Beredar Foto Bayi Berwajah Aneh Miliki Taring, Fakta atau Hoaks?

 

Selain itu, ada pula akun Youtube bernama AllonN mengunggah video makhluk yang seperti bayi sedang tengkurap. Dalam video itu terlihat sosoknyabergoyang-goyang.

Sementara itu, melalui penelusuran di Google Search dengan kata kunci 'weird baby pahang', semuanya mengarah ke sejumlah situs.

Salah satunya adalah www.nst.com.my. Artikel itu berjudul Police rubbish claims of 'mysterious creature with human face' found in Pahang forests yang diunggah pada 13 Oktober 2017. 

 

[Cek Fakta] Beredar Foto Bayi Berwajah Aneh Miliki Taring, Fakta atau Hoaks?

 

Dalam artikel itu dijelaskan, kepala kepolisian negara bagian setempat, Datuk Rosli Abdul Rahman menegaskan bahwa kabar yang beredar di media sosial tentang makhluk aneh itu tidak benar. Foto-foto itu berasal dari internet. 

Dan, setelah ditelusuri, gambar-gambar itu adalah mainan dari silikon yang ditawarkan di situs jual beli online.

Hal serupa diunggah situs www.dailymail.co.uk.

 

[Cek Fakta] Beredar Foto Bayi Berwajah Aneh Miliki Taring, Fakta atau Hoaks?

 

Dalam artikel yang ditulis pada 20 Oktober 2017 itu juga dijelaskan, Polisi Malaysia bertindak menghentikan penyebaran kabar dusta yang beredar di internet bahwa makhluk kecil seperti kucing dengan wajah manusia telah ditemukan di wilayahnya. 

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Apa yang diunggah akun Facebook bernama Maluku Bakata tak sesuai fakta. Sosok menyerupai bayi dengan wajah aneh dan taring adalah mainan dan tak ada kaitannya dengan nasib buruk apalagi pertanda akhir zaman.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Loading
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Mengonsumsi Daun Pakis Berbahaya karena Memicu Kanker? Ini Faktanya
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Hoaks Kanibal Kabur ke Baubau Sultra