Sukses

[Cek Fakta] Restoran Padang Sederhana Bagikan Makanan Gratis, Fakta atau Hoaks?

Liputan6.com, Jakarta - Restoran Padang Sederhana dikabarkan membagi-bagikan makanan gratis dalam rangka memperingati ulang tahunnya yang ke-15.

Pemberitahuan pembagian makanan gratis itu disebarkan melalui pesan berantai di WhatsApp Group. Dalam pesan tersebut, diselipkan link agar sebelum mendapatkan makanan gratis, penggunanya mengisi survei terlebih dahulu.

"Restoran Sederhana sedang merayakan ulang tahun ke-15 di Indonesia dan untuk waktu yang terbatas, kami akan membagikan makanan gratis di salah satu restoran kami! Saya sudah menerima undangan untuk makan gratis!

https://sharen.win?s=sederhana," tulis pesan berantai tersebut.

[Cek Fakta] Restoran Padang Sederhana Bagikan Makanan Gratis, Fakta atau Hoaks?

Saat link tersebut dibuka akan muncul nama dan logo dari Restoran Padang Sederhana.

"Restoran Sederhana INDONESIAKami sedang merayakan ulang tahun ke-15 kami di Indonesia, oleh karena itu kami akan memberikan makanan gratis di semua restoran kami untuk waktu yang terbatas!Hanya ada 218 makanan yang tersisa," tulis di dalam link tersebut.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencoba menelusuri kebenaran pembagian makanan gratis dari Restoran Padang Sederhana. Ternyata, kabar tersebut tidak benar.

Informasi ketidakbenaran pembagian makanan gratis itu diketahui langsung dari laman resmi milik Restoran Sederhana https://www.restoransederhana.id/.

[Cek Fakta] Restoran Padang Sederhana Bagikan Makanan Gratis, Fakta atau Hoaks?

"PENGUMUMAN

Terkait adanya berita atau posting di media sosial (pesan WhatsApp) mengenai undangan makan gratis, maka dengan ini diumumkan bahwa berita atau postingan tersebut tidak benar dan telah dibuat oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Jakarta, 27 Nopember 2019." tulis Restoran Sederhana melalui laman resminya.

Selain itu, www.turnbackhoax.id juga sudah menuliskan artikel berjudul [SALAH] Restoran Sederhana Ulang Tahun Ke-15 Membagikan Makanan Gratis pada 28 November 2019.

[Cek Fakta] Restoran Padang Sederhana Bagikan Makanan Gratis, Fakta atau Hoaks?

 

"Pesan berantai yang menyertai alamat url melalui Whatsapp bukan berasal dari manajemen Rumah Makan (RM) Padang Sederhana. Pihak RM Padang Sederhana sudah memberikan klarifikasi melalui laman resminya.

=====

Kategori: Fabricated Content/Konten Palsu

=====

Sumber: Whatsapp

Sumber Url dalam Pesan Berantai:

https://isgivingawayfreestuff.com/id/sederhana/?go=go&source=shareArchive Sumber Url dalam Pesan Berantai:

https://archive.md/ngtwF=====

Narasi:

Restoran Sederhana sedang merayakan ulang tahun ke-15 di Indonesia dan untuk waktu yang terbatas, kami akan membagikan makanan gratis di salah satu restoran kami! Saya sudah menerima undangan untuk makan gratis!

https://sharen.win?s=sederhana=====

Penjelasan:

Beredar melalui Whatsapp pesan yang berisikan informasi Restoran Sederhana tengah merayakan ulang tahun ke-15. Untuk merayakan ulang tahun itu, pihak restoran membagikan makanan gratis. Dalam pesan tersebut disertakan alamat url yang ketika dibuka akan mengarahkan pada sebuah survei disertai logo restoran tersebut.

Berdasarkan hasil penelusuran, pesan tersebut bukan berasal dari manajemen Rumah Makan (RM) Padang Sederhana. Pihak manajemen melalui laman resminya sudah memberikan bantahannya.

Dalam laman resminya, yakni restoransederhana.id, manajemen menegaskan bahwa undangan makan gratis tersebut dibuat oleh pihak yang tak bertanggung jawab. “Terkait adanya berita atau posting di media sosial (pesan WhatsApp) mengenai undangan makan gratis, maka dengan ini diumumkan bahwa berita atau postingan tersebut tidak benar dan telah dibuat oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Jakarta, 27 Nopember 2019,” tulis pihak manajemen.

Atas bantahan resmi itu, maka dapat disimpulkan bahwa informasi dalam pesan berantai itu tidak benar dan bukan berasal dari pihak manajemen RM Padang Sederhana. Oleh sebab itu, konten tersebut masuk ke dalam kategori Fabricated Content atau Konten Palsu.

=====

Referensi:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1041920022807199/

Home

https://jateng.tribunnews.com/2019/11/28/pernyataan-resmi-rm-sederhana-masakan-padang-terkait-hoaks-makan-gratis-beredar-di-whatsapp-wa?page=all"

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Restoran Padang Sederhana tidak pernah memberikan makanan gratis. Termasuk juga mengirimkan link untuk pengisian survei.

Hal itu diketahui dari klarifikasi yang diberikan langsung oleh Restoran Padang Sederhana jika mereka tidak pernah membagi-bagikan makanan gratis.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Loading
Artikel Selanjutnya
Cek Fakta Kesehatan: Depresi dan Kecemasan Bisa Menular?
Artikel Selanjutnya
Cek Fakta Kesehatan: Ibu dengan Puting Datar, ASI Sulit Keluar?