Sukses

[Cek Fakta] Hoaks Penampakan Jin di Parkiran Gedung DPR Saat Pelantikan Presiden

Liputan6.com, Jakarta - Video yang diklaim berisi penampakan jin di parkiran Gedung DPR viral di media sosial. Gambar bergerak berdurasi 45 detik itu merekam situasi di sebuah parkiran.

Di sela-sela mobil yang terparkir tampak sesosok mahluk yang berjalan. Mahluk tersebut kemudian berlari ke bawah kolong mobil.

Akun facebook Joko Togog Alkadzab kemudian mengaitkan video ini dengan adanya penampakan jin di parkiran gedung DPR, usai pelantikan presiden dan wakil presiden.

"Audzu billahi Minas syaithonir rojiim... TAMPAK Terlihat di parkiran gedung DPR ... Ternyata benar2 terjadi jin ikut hadir serta dalam agenda pelantikan saudara mereka jokowi ma'ruf. bersyukurlah kalian Wahai bangsa jin pd Allah, krn untuk suatu hikmah yg besar, Allah sembunyikan kalian bangsa JIN Dari pandangan mata bangsa Manusia, Jika tidak maka kalian akan merasakan BETAPA bisa Sangat ganasnya bangsa Manusia yaitu bani Adam. wallahu 'alam...," tulis akun facebook Joko Togog Alkadzab.

Konten yang diunggah akun facebook Joko Togog Alkadzab telah 475 kali dibagikan dan mendapat 46 komentar warganet.

 

2 dari 3 halaman

Penelusuran Fakta

Setelah ditelusuri kabar tentang penampakan jin di parkiran Gedung DPR ternyata tidak benar.

Fakta ini dikutip dari situs turnbackhoax.id dengan judul artikel "[SALAH] Jin tampak terlihat di parkiran gedung DPR, hadir serta dalam agenda pelantikan Jokowi-Ma’ruf".

Bukan di parkiran gedung DPR. Selain itu, video tersebut juga adalah video buatan menggunakan teknologi CGI oleh youtuber asal Nicaragua pada tahun 2016.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

=============================================Kategori : Konten yang Dimanipulasi=============================================

Akun Joko Togog Alkadzab (fb.com/profile.php?id=100016077638977) mengunggah sebuah video ke grup JENDRAL GATOT NURMANTYO (fb.com/groups/167444190501486) dengan narasi :

“Audzu billahi Minas syaithonir rojiim… TAMPAK Terlihat di parkiran gedung DPR … Ternyata benar2 terjadi jin ikut hadir serta dalam agenda pelantikan SAUDARA mereka JOKOWI-MA’RUF bersyukurlah kalian Wahai bangsa jin pd Allah, krn untuk suatu hikmah yg besar, Allah sembunyikan kalian bangsa JIN Dari pandangan mata bangsa Manusia, Jika tidak maka kalian akan merasakan BETAPA bisa Sangat ganasnya bangsa Manusia yaitu bani Adam. wallahu ‘alam…”

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran yang dilakukan oleh anggota grup Forum Anti Fitnah, Hasut, dan Hoax, video tersebut faktanya bukanlah video yang benar-benar terjadi di parkiran gedung DPR seperti yang diklaim oleh akun sumber.

Video itu nyatanya adalah video buatan oleh youtuber asal Republik Nikaragua, JJPD Producciones. Video tersebut diunggah di chanel terverifikasi milik yang bernama JJoaquin Perez dan Jimmy Perez tersebut pada 25 Februari 2016.

Video tersebut diberi judul “Strange Creature Caugth on tape in Parking 2016” atau yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia artinya ; “Makhluk Aneh Terperangkap dalam rekaman di Parkir 2016”.

Pada deskripsi, JJPD Producciones menuliskan keterangan sebagai berikut :

“Strange Creature Caugth on tape in Parking 2016.A young man in a parking heading towards his car, he realize that something strangeIt hides under a car, the young man takes his smartphone and starts recording allwhat happened in the video (Strange Creature in Parking 2016).——————————————————————————JJPD ProduccionesVideo CGI (Computer-generated imagery)”

CGI atau yang dikenal sebagai Computer-Generated Imagery (CGI; bahasa Indonesia: “pencitraan yang dihasilkan komputer”) adalah penggunaan grafik komputer (atau lebih tepatnya, grafik komputer 3D) dalam efek spesial. CGI digunakan dalam film, acara televisi dan iklan, dan juga media cetak.

Selain itu, video tersebut rupanya berasal dari situs berbagi video YouTube.com yang diunggah pada 25 Februari 2016.

Akun YouTubeJJPD Producciones adalah yang pertama kali mengunggah video tersebut dengan menambahkan sebuah narasi.

Strange Creature Caugth on tape in Parking 2016.

A young man in a parking heading towards his car, he realize that something strangeIt hides under a car, the young man takes his smartphone and starts recording allwhat happened in the video (Strange Creature in Parking 2016).

-------------------------------------------------------------------------------------------------

JJPD Producciones

Video CGI (Computer-generated imagery)

If you liked the video, helps our channel of special effects.Give like, subscribe, and share :) Regards.

Managua-Nicaragua-2016.

 

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Tak ada penampakan jin di Gedung DPR saat pelantikan presiden dan wakil presiden, 20 Oktober 2019.

Video tersebut hanya merupakan editing dan ditambahkan dengan narasi yang tidak sesuai dengan fakta sebenarnya.

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Loading
Artikel Selanjutnya
Cek Fakta Kesehatan: Tidur Setelah Makan Siang Bikin Gemuk?
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Solidaritas untuk Wartawan Palestina, Ronaldo dan Messi Tutup Mata Kiri?