Sukses

BERITA TERKINIPARA MENTERI JOKOWI-MA'RUF DI KABINET INDONESIA MAJU

[Cek Fakta] Hoaks Cerita Siswi SMP yang Durhaka Berubah Jadi Anjing

Liputan6.com, Jakarta - Cerita tentang siswi SMP yang mendadak jadi anjing setelah menendang kepala ibunya beredar di media sosial.

Kabar ini beredar dalam sebuah video yang diunggah oleh akun Facebook Viral banget 23 Agustus 2019.

Akun ini juga menambahkan sebuah narasi dalam konten yang diunggahnya itu.

"Naudzubillah!!! Usai Lakukan Ini Pada Ibunya Siswi SMP Ini Mendadak Jadi Anjing,Naudzubillah!!! Usai Lakukan Ini Pada Ibunya Siswi SMP Ini Mendadak Jadi Anjing, Ternyata...," tulis akun facebook Viral banget.

Konten yang diunggah akun facebook Viral banget telah 3.300 kali dibagikan dan mendapat 475 komentar warganet.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Setelah ditelusuri, kabar tentang siswi SMP yang mendadak jadi anjing setelah menendang kepala ibunya ternyata tidak benar.

Video yang diunggah oleh akun facebook Viral banget merupakan potongan gambar dari sebuah patung buah karya seniman Australia, Patricia Piccinini. Patung-patung tersebut telah, "Leather Landscape" pada 2003.

Fakta ini dikutip dari situs Liputan6.com dengan judul artikel "[Cek Fakta] Hoaks, Foto Perempuan yang Dikutuk karena Melecehkan Alquran".

Liputan6.com, Jakarta - Berdasarkan penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, sosok yang ada di kanan bukanlah manusia yang dikutuk atau makhluk jadi-jadian.

Itu adalah patung buah karya seniman Australia, Patricia Piccinini, "Leather Landscape" pada 2003.

Dalam situs www.patriciapiccinini.net dijelaskan, karya tersebut dibuat menggunakan bahan silikon, poliuretan (polyurethane), kulit hewan, dan rambut manusia.

Ada dua patung yang dipamerkan. Pertama, sosok ibu atau induk yang sedang menyusui anak-anaknya, lainnya adalah sosok manusia mirip tikus.

Kabar bohong serupa juga pernah muncul pada akhir 2005. Bedanya, yang digunakan adalah patung kedua, yang diduga sosok manusia menyerupai tikus. Kisahnya pun sedikit berbeda.

Seperti dimuat situs hoaxes.org, sejumlah media berbahasa Arab memberitakan mengenai seorang gadis yang melemparkan Alquran ke arah ibunya. Ia kemudian dikabarkan berubah jadi sosok mirip tikus.

Patricia Piccinini kemudian menyuarakan ketidaksukaannya saat karyanya digunakan sebagai bahan hoaks.

"Sebuah gambar dari karya saya The Leather Landscape disebarkan di hampir seluruh dunia muslim. Itu digunakan untuk mengilustrasikan cerita bohong tentang seorang gadis dari Yaman yang sedang mendengarkan musik pop. Menurut cerita, ibunya memberinya Alquran, menyuruhnya untuk membacanya," kata Piccinini.

"Ketika gadis itu menolak dan melemparkan Alquran, dia berubah menjadi makhluk seperti dalam gambar oleh murka Allah."

Piccinini mengaku tersinggung. Sebab, kabar hoaks itu telah membalikkan pesan yang ingin ia tunjukkan dalam karyanya. "Saya ingin menunjukkan kasih sayang timbal balik antara makhluk dan anaknya."

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Cerita siswi yang mendadak berubah jadi anjing ternyata hanya fiksi, kejadian tersebut tidak pernah ada dan dilaporkan.

Gambar sesosok mahluk mirip manusia anjing dalam video yang diunggah akun facebook Viral banget, merupakan patung buah karya seniman Australia, Patricia Piccinini.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Loading
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Viral Giveaway Oppo A5s untuk 25 Pemenang, Ini Faktanya
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Viral Isi Akun Instagram yang Diklaim Milik Brigjen Krishna Murti, Faktanya?