Sukses

BERITA TERKINI:JELANG PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID 2

[Cek Fakta] Penjelasan di Balik Video Viral Kubah Masjid Terbang di Nepal

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang merekam kubah masjid terbang viral di Facebook. Video tersebut diunggah oleh akun Dagang Berkah pada 8 Desember 2018 silam. 

Dalam video berdurasi 2 menit 9 detik itu, terlihat penampakan sebuah kubah masjid yang tertutup kain berwarna putih, terbang menuju bagian atas rumah ibadah tersebut.

Kubah itu disebut-sebut bakal digunakan untuk pembangunan masjid. Dalam video itu tersebut juga terdengar lantunan zikir dari masyarakat yang melihat kejadian tersebut.

Peristiwa kubah terbang itu disebut-sebut terjadi di Nepal. Berikut narasi yang diunggah oleh akun Facebook Dagang Berkah:

"*Mu’jizat istimewa di era modern*mempertontonkan kekuasaan Allah, video pembangunan mesjid yang sudah selesai di nepal yaitu negara mayoritas agama budha ketika kaum muslimin memohon kepada pemerintah nepal untuk meminjam alat berat guna mengangkat mustaka ( hilal) untuk meletakannya diatas menara maka pemerintah menolak dan mereka mengatakan *dimana tuhanmu yang kalian sembah supaya mengangkatkan untukmu*kemudian tidurlah imam masjid di dalam masjid dengan perasaan kecewa yang sangat ..maka bermimpilah beliau bertemu Rasulullah dan Rasulullah menyuruh menutupi mustaka (hilal) dengan kain putih maka terbangunlah imam mesjid kemudian melakukan apa yang diperintahkan Rasulullah .Maka terjadilah mu’jizat ...terangkatlah mustaka (hilal) ke atas menara dengan tanpa pengangkat seorangpun tetapi dengan kekuasaan Allah ta’ala. Dan ini video dipagi hari supaya dilihat oleh warga nepal yang kufur . تبارك الله," tulis Dagang Berkah.

Konten yang diunggah akun facebook Dagang Berkah telah 87 ribu kali dibagikan dan mendapat 48 ribu komentar warganet.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Setelah ditelusuri, kabar tentang kubah masjid yang terbang ternyata tidak benar. Fakta ini dikutip dari akun facebook Indonesian Hoaxes, @TurnBackHoax. Akun ini mengklarifikasi video kubah terbang yang terlanjur viral di media sosial.

Kubah Terbang (Flying Dome)!

Isi Klaim :

“… video kiriman rekan dari wilayah Jailolo, Halmahera Barat… diperlihatkan saat satu desa di Wilayah ini sedang membangun menara masjid ….. namun ada beberapa kendala yang mereka (panitia pembangunan) hadapi yaitu setelah menaranya selesai,, mereka kebingungan untuk mengangkat kubah menara itu ……..tampil tokoh masyarakat yang dikenal sebagai salah satu keturunan dari Baginda Mulia Rasulullah SAW……. mengumpulkan setiap laki-laki …mengadakan dzikir akbar di wilayah masjid mereka,, namun Subhanallah… Kubah Menara Masjid itu ….terangkat dari tanah dan terbang sendiri hingga sampai pada pucuk menara masjid tersebut….”

Beberapa link video :

Masyarakat Jailolo yang menyaksikan kejadian ini secara langsung, mungkin tertawa-tawa ketika mendengar pemberitaan kubah terbang ini. Tapi mungkin bagus juga, karena bisa mendatangkan wisatawan ke masjid itu. Sekalian saja jadikan sebagai tempat wisata “kubah terbang”. Reporter Trans 7 sempat datang ke lokasi yang diduga Masjid tersebut (videonya tersimpan di Youtube, silahkan cari ya).

Situs web Eramuslim juga pernah membuat artikel tentang Hoax ini, sayangnya saat ini halaman tersebut sudah tidak dapat dikunjungi.

Seorang Muslim juga telah mengungkap fakta ini melalui Artikel di blog miliknya dan video rilisannya : http://www.youtube.com/watch?v=hDa8-UMSz18

Simak ulasan lengkap beliau : http://islamgreatreligion.wordpress.com/…/fake-miracle-fly…/

Untuk anda yang masih penasaran, ada video dengan resolusi bagus yang dapat anda cermati disini (rahasia menaikkan Kubah Emas pada Masjid di Depok, Indonesia) : http://www.youtube.com/watch?v=U7i4uXewx0A

Juga pada video pemasangan kubah di masjid lain (Masjid Mana) :http://www.youtube.com/watch?v=pS9NoZFgXpk

Mungkin diantara pembaca Halaman Indonesian Hoaxes akan mengira kami berat sebelah dan mempunyai misi lain selain mengungkap hoax dan scam. Maaf, kami tidak ada misi visi kearah itu, Kami hanyalah sekumpulan orang yang sudah jemu akan berita palsu dan penipuan (terlebih di dunia maya). Ini hanya untuk menambah wawasan anda, bukan mengurangi Keyakinan Anda. Tim Admin dan Kontributor juga terkumpul dari beragam individu, baik itu Teis, Ateis, Agnostik, Skeptis, Scientist, Ahli Desain Grafis, Jurnalis, Pesulap, Pakar Agama dan Pakar Hukum.

Semoga Bermanfaat, Terimakasih.

Cek Fakta - Video kubah masjid terbang di Nepal (Facebook)

 

Bantahan juga disampaikan dalam video berjudul FALSE MIRACLE OF THE DOME OF THE MOSQUE - PART 2/2 yang diunggah di Dailymotion.

Cek Fakta - kubah masjid terbang di Nepal? (Dailymotion)

3 dari 4 halaman

Kesimpulan Klaim

Benarkah klaim akun Facebook Dagang Berkah soal kubah masjid terbang di Nepal?

Video kubah masjid yang terbang ternyata tidak benar. Kubah masjid itu bisa terangkat karena ditarik tali.

Narasi yang disampaikan dalam video tersebut tidak sesuai dengan fakta sebenarnya.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Loading
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Viral Foto Ahok Pakai Kemeja Putih di Istana, Ini Faktanya
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Hoaks Bulan Akan Mengelilingi Kakbah Malam Ini Pukul 03.25