Sukses

[Cek Fakta] Hoaks Ucapan Selamat Sekjen PBB untuk Prabowo Subianto

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang Sekjen PBB yang memberikan selamat kepada capres nomor urut 02, Prabowo Subianto yang memenangkan Pemilihan Presiden 2019 beredar di media sosial.

Kabar ini beredar dalam sebuah artikel berjudul 'Sekjen PBB Ucapkan Selamat Kepada Prabowo Sebagai Pemenang Pilpers 2019' yang dimuat oleh situs kabartoday.co.id pada Jumat 26 April 2019.

Kabartoday, PBB – Dilansir dari New York (Antara Kalbar/Xinhua-OANA) – Sekretaris Jenderal PBB Pedro Coelho, Minggu (21/42019), telah mengagetkan semua publik bahkan di dunia Internasional.

Caelho menyampaikan “ucapan selamatnya yang hangat” kepada Prabowo Subianto, yang terpilih sebagai pemenang dalam pemilihan presiden Indonesia.

Ucapan itu disampaikan Coelho melalui pesan di dalam pernyataannya yang dikeluarkan oleh juru bicaranya di New York pekan lalu.

“Sekretaris Jenderal telah mengikuti secara seksama pemilihan presiden di Indonesia, yang diselenggarakan pada 17 April, dan menyampaikan dengan puas banyaknya pemilihan yang dilaporkan memberi suara mereka, ”kata jubir Coelho mengikuti pernyataan itu.

Lebih lanjut, Sekretaris Jenderal bermaksud tetap terlibat dengan Pemerintah Indonesia dan dengan presiden terpilih Prabowo Subianto mengenai masalah penting bagi masyarakat internasional dan kesejahteraan rakyat Indonesia.

“Ia akan terus mendorong Indonesia agar memainkan peran konstruktif dalam urusan regional dan internasional. ”katanya sebagaimana dikutip Xinhua yang dipantau Antara di Jakarta, Ahad petang.

Prabowo meraih 62 persen dari seluruh pemilih dengan jumlah suara sebanyak 80 persen pemilih memberi suara mereka pada pemilihan presiden di Indonesia.(editor.Op)

Selain itu, kabar ini juga diunggah ini oleh akun facebook Syahrial pada 28 April 2019. Ia menambahkan sebuah narasi dalam konten yang diunggahnya.

"🇮🇩MUNGKINKAH INI HANYA SUATU KEBETULAN..TAPI MENURUT LOGIKA,GAK MUNGKIN SEKELAS SEKJEN PBB MAU MEMBUAT LELUCON POLITIK DGN MEMPERTARUH KAN KREDIBILITAS JABATAN NYA..SELAMAT DAN SUKSES UNTUK PAK PRABOWO🌴🌷🇮🇩," tulis Syahrial.

Konten yang diunggah Syahrial telah 6.289 kali dibagikan dan mendapat 131 komentar warganet.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Dari penelusuran, kabar tentang Sekjen PBB yang mengucapkan selamat ke Prabowo Subianto ternyata tidak benar.

Fakta ini sebagaimana dikutip dari situs Liputan6.com dengan judul artikel 'Antara: Ucapan Selamat Sekjen PBB ke Salah Satu Capres Hoaks'.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah unggahan yang beredar di sebuah situs komunitas memberikan informasi tentang Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Pedro Coelho pada Minggu (21/4/2019) yang memberikan ucapan selamat bagi salah satu paslon dalam Pilpres 2019 ditambahkan dengan kata-kata "ucapan selamat yang hangat", melalui juru bicaranya.

Informasi itu seakan-akan merupakan berita yang dibuat oleh Kantor Berita ANTARA yang mengutip berita dari Kantor Berita Xinhua yang memberitakan tersebut dari New York.

Kantor Berita ANTARA menyatakan, tidak pernah membuat berita dengan judul " Sekjen PBB Ucapkan Selamat pada Prabowo Atas terpilihnya Menjadi Presiden RI". Dari catatan berita yang ditelusuri di sistem milik ANTARA, tidak ada berita dengan isi dan judul tersebut.

Selain itu Pedro Coelho bukanlah Sekretaris Jenderal PBB. Saat ini Sekretaris Jenderal PBB dijabat oleh Antonio Guterres yang diangkat sejak 1 Januari 2017.

Selain itu pileg dan Pilpres 2019 hingga saat ini masih dalam tahap penghitungan suara manual yang dilakukan secara berjenjang dari TPS hingga ke tingkat KPU Pusat.

Sementara hingga kini Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum menentukan pemenang dari Pilpres 2019. KPU masih melakukan penghitungan suara hasil pencoblosan pada 17 April 2019 lalu.

Hasil sementara dari real count penghitungan KPU, paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin memperoleh 45.859.668 suara atau 56,21 persen. Sedangkan paslon nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapat 35.742.827 suara atau 43,79 persen.

Fakta ini sebagaimana dikutip dari situs Liputan6.com dengan judul artikel 'Real Count KPU Malam Ini 53.34 Persen, Siapa Lebih Unggul?'.

Liputan6.com, Jakarta - Penghitungan suara Pilpres 2019 masih terus dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dalam situs resminya, real count KPU pada Senin (29/4/2019) pukul 23.00 WIB telah mencapai 53.34 persen atau 433.856 dari 813.350 tempat pemungutan suara (TPS).

Hasil sementara, pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin masih meraih suara lebih banyak dibanding pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Berikut hasil sementara real count Pilpres 2019 dari Situng KPU:

Nomor Urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin: 56,21 persen atau 45.859.668 suara.

Nomor Urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno: 43,79 persen atau 35.742.827 suara.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Sekjen PBB tidak pernah memberikan selamat kepada capres nomor urut 02, Prabowo Subianto. Narasi yang dibangun tidak sesuai dengan fakta sebenarnya.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Loading
Artikel Selanjutnya
Real Count KPU 55 Persen, Jokowi Vs Prabowo Siapa Unggul?
Artikel Selanjutnya
Real Count KPU Sore Ini 51,83 Persen, Ini Perolehan Suara Jokowi Vs Prabowo