Sukses

BERITA TERKINI:JELANG PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID 2

[Cek Fakta] Hoaks Akun Neno Warisman Sebut Prabowo Subianto Rasul Allah

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah akun Facebook yang mengatasnamakan Neno Warisman menyebut bahwa calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto sebagai 'Rasul Allah'. Sehingga, semua muslim wajib memilihnya dalam Pilpres 2019 ini.

"Prabowo adalah Rasul Allah Swt Semua Muslim wajib memilih NyaJika kalian ingin masuk surga," demikian yang tertera dalam tangkapan layar akun Facebook tersebut. 

Hasil tangkapan layar Neno Warisman itu pun tersebar. Salah satunya dalam akun Facebook Imam Soedjono.

"Ass.Wr.Wb.Neno Warisman telah mempropragandakan bahwa Prabowo adalah Rasul Allah SWT. Padahal Nabi & Rasul allah SWT terakhir adalan Nabi Muhammad SAW. Sumangga, Kemendepag, NU, MUHAMMADIYAH, ormas2 Islam, MUI, POLRI, DLL. menyikapi bukan saja pelecehan agama, tapi penyesatan agama.Semoga pihak2 pemangku kepentingan mengambil tegas & tdk pandang bulu. Wass.Wr.Wb.

Salam hormat & takzim, IMAM SUDJONO

#AllahMbotenSare #KubelajarMerundukSugihElingMemanusiakanManusia #KuberusahaSemelehIstiqamahTawadhu #KumelangkahmenujuHusnulKhotimah #KulandasiIbadah #InsyaAllahOneDayOneJuz #LPKNLiterasiwanPustakawanPenulisKonsultanAhli #TdkBerhitungdemiNKRI," tulis Imam Soedjono menyertai unggahan foto tangkapan layar Neno Warisman pada Jumat, 19 April 2019.

Selain itu, akun Facebook Diemas Kelana Pati juga turut membagikan tangkapan layar Neno Warisman tersebut.

"Ada Mesias Baru diperadaban ini ...Neno Warisman telah mengangkat Prabowo menjadi Rasul.......@ Tambah hari semakin ngaco aja fikirannya." tulis Diemas Kelana Pati menyertai unggahannya pada Jumat, 19 April 2019.

 

2 dari 3 halaman

Fakta

Penelusuran tim Cek Fakta Liputan6.com, tangkapan layar yang terlihat diambil dari akun Neno Warisman adalah hoaks.

Hal itu dibuktikan dengan artikel yang diunggah oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada Sabtu, 20 April 2019.

Artikel tersebut berjudul [HOAKS] Postingan Neno Warisman Menyebutkan Prabowo adalah Rasul Allah.

[Cek Fakta] Neno Warisman Sebut Prabowo Subianto Rasul Allah?

"KATEGORI: HOAKS

Penjelasan :

Beredar postingan berantai di Facebook yang diunggah oleh akun Neno Warisman tulisan tersebut berisi Prabowo adalah Rasul Allah SWT semua muslim wajib memilihnya jika kalian ingin masuk surga. Postingan tersebut sudah dibagikan sebanyak 246 kali.

Neno Warisman langsung memberikan klarifikasi terkait postingan tersebut melalui akun Facebook pendukung Prabowo-Sandiaga Uno bernama Rekat Indonesia. Dalam video tersebut Neno Warisman menjelaskan bahwa akun yang memposting merupakan akun palsu dan sama sekali tidak benar, Neno menegaskan bahwa dirinya tidak pernah bermain atau aktif di media sosial. Setelah ditelusuri akun tersebut terakhir aktif pada tanggal 29 Agustus 2018 akun tersebut mengunggah foto Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon yang disandingkan dengan tiga wanita mabuk dan tidak ada postingan seperti yang tersebar menyebutkan Prabowo adalah Rasul Allah.

Link Counter :

https://www.suara.com/news/2019/04/19/185304/cek-fakta-neno-warisman-sebut-prabowo-adalah-rasul-allah-benarkah

https://www.facebook.com/Rekat.Indonesia/videos/2148080635305363/?q=klarifikasi%20mbak%20neno&epa=SEARCH_BOX"

Tak hanya itu, Neno Warisman juga sudah memberikan klarifikasi mengenai tangkapan layar yang tersebar. Akun Facebook bernama Rekat Indonesia mengunggah video klarifikasi Neno Warisman pada Jumat, 19 April 2019.

"‪Klarifikasi Mbak Neno Warisman bila tidak mempunyai akun pribadi sosial media baik Facebook atau sosial media lainnya...‬

‪Bila ada akun sosial media mengatasnamakan Neno Warisman, maka akun tersebut dipastikan PALSU.‬

‪Mari bersosial media secara sehat....‬

‪#KpuJanganCurang‬" tulis Rekat Indonesia menyertai unggahan videonya.

[Cek Fakta] Neno Warisman Sebut Prabowo Subianto Rasul Allah?

Dalam videonya, Neno Warisman menyebut jika dirinya tidak memiliki media sosial apapun sudah sejak lama. Sehingga dipastikan, apapun dalam media sosial yang mengatasnamakan dirinya adalah hoaks.

Berikut isi lengkap klarifikasi Neno Warisman melalui unggahan videonya:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh seluruh masyarakat, bilkhusus kaum mukmin jangan sampai terpengaruh, hari ini ada berita yang cukup lucu karena saya tidak pernah ada bermain medsos, atau aktif di medsos, dan ga punya akun sama sekali sudah bertahun-tahun. Jadi jelas bahwa yang keluar di sini atas nama Neno Warisman, Prabowo adalah Rasul Allah semua muslim wajib memilihnya jika kalian ingin masuk surga, itu adalah akun palsu dan sama sekali tidak benar, ga usah diperdulikan, itu adalah perbuatan orang-orang yang tidak bertanggungjawab sama sekali. Saya tidak pernah bermain sama sekali dan tidak pernah aktif di medsos ya insya Allah kita mohon tidak terpengaruh oleh berita-berita kacangan seperti ini. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh terus berjuang, di kecamatan terutama, tolong jaga kecamatan kita sungguh-sungguh, assalamualaikum.

 

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Tangkapan layar atas nama akun Neno Warisman dan tersebar itu tidak benar atau hoaks. Karena, Neno Warisman sendiri mengakui dirinya tidak pernah aktif di media sosial.

Sehingga, jika ada akun-akun yang mengatasnamakan Neno Warisman, bukanlah milik Neno Warisman asli.

 

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Loading
Artikel Selanjutnya
PPP Tak Persoalkan Prabowo Subianto Jadi Menteri Jokowi
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Viral Foto Ahok Pakai Kemeja Putih di Istana, Ini Faktanya