Sukses

[Cek Fakta] Kabar Meninggalnya Rowan Atkinson, Si Pemeran Mr Bean

Liputan6.com, Jakarta - Rowan Atkinson dikenal dalam aksinya memerankan karakter Mr. Bean. Tingkah dan aksi-aksi jenakanya membuat Mr. Bean populer di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Sebagai tokoh populer, ada saja gosip dan berita bohong yang menerpa Rowan Atkinson. Bahkan, dia beberapa kali dikabarkan meninggal dunia.

Klaim Rowan Atkinson Meninggal

Kabar kematian Rowan Atkinson bergema di media sosial, sejak 18 Juli 2018. Tentunya bukan hanya di Indonesia, tapi juga di berbagai belahan dunia.

Beberapa warganet memang tidak percaya akan kabar itu. Namun, ada juga yang menganggap kematian Rowan Atkinson adalah fakta.

Berita kematian pemeran Mr Bean ini berawal dari unggahan di media sosial yang seakan-akan dikutip dari media Fox News. Unggahan itu dilengkapi dengan foto Rowan Atkinson dan keterangan "R.I.P 1955 - 2017".

2 dari 2 halaman

Ternyata Malware

Ternayata, artikel tersebut sejatinya adalah kedok sebuah malware untuk menyerang piranti teknologi milik pengunjung.

Menurut sebuah situs yang menguak fakta di balik berita palsu, Hoax Slayer, artikel ini dilengkapi dengan sebuah tombol 'play', seakan ada video yang bisa dimainkan. Namun setelah diklik, pengunjung malah akan diarahkan pada sebuah laman keamanan palsu yang mengatakan bahwa komputer pengguna terkunci.

Laman tersebut kemudian memberikan sejumlah instruksi kepada pengunjung. Tujuan akhirnya adalah agar sang pengunjung memasukan nomor kartu kredit sebagai biaya untuk memperbaiki 'kerusakan' di komputer.

Kemungkinan lain, laman ini mengecoh pengunjung untuk memasang malware yang memungkinkan komputer pengunjung diretas bahkan dicuri datanya.

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 53 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta@liputan6.com.

Loading
Artikel Selanjutnya
Heboh Berita Hoax Mr Bean Meninggal, Ternyata Jebakan Malware
Artikel Selanjutnya
Kabar Rowan Atkinson Meninggal Hoaks, Ini yang Terjadi Jika Anda Mengeklik Beritanya