Sukses

[Cek Fakta] Poster Festival Durian 2017 di Klaten

Beredar berita bohong atau hoax terkait Festival Duria 2017 di Klaten, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial diramiakan dengan beredarnya poster Festival Durian 2017. Dalam poster itu, diinformasikan bahwa festival akan diselenggarakan di Pasar Kembang, Klaten, Jawa Tengah, 31 November 2017.

Poster yang didesain rapi itu memuat foto buah duren dengan tulisan Festival Durian 2017. Dicantumkan pula waktu dan tempat pelaksanaan festival. Bahkan, ada pula logo Pesona Indonesia di sudut kiri atas poster.

Namun, jika diperhatikan lebih detil, ada yang ganjil pada gambar yang menyerupai poster pengumuman Festival Durian Sindangwangi 2017 di Kabupaten Majalengka, Jawa Baratdilaksanakan pada 9-10 Desember 2017.

Selain itu, keganjilan juga dapat dilihat dari jadwal festival durian Klaten yang dituliskan 31 November 2017. Padahal, dalam kalender, bulan November 2017 hanya terdiri dari 30 hari.

"Kami sudah mengkonfirmasi berbagai pihak. Hasilnya dipastikan gambar tentang festival durian di Klaten itu hoax," kata perwakilan Tim Publikasi Bagian Humas Sekretariat Daerah Klaten, Joko Priyono, 21 November 2017.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rencana Festival Batal

Joko mengatakan, memang ada rencana festival durian di Klaten pada Februari 2017. Namun, rencana batal karena banyak petani durian di Klaten yang gagal panen.

"Kami sampaikan pula bahwa tahun ini tidak ada festival durian di Klaten. Masyarakat bisa cek agenda resmi tahunan di website resmi pemerintah," kata Joko.

Dia menghimbau masyarakat agar lebih cermat dan teliti sebelum menyebarluaskan gambar atau informasi yang belum dapat dipastikan kebenarannya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.