Sukses

Inilah Liga Terboros Versi FIFA

Tercatat, 20 klub Liga Premier mengeluarkan dana dengan total sebesar 660 juta poundsterling.

FIFA telah mengumumkan daftar liga dengan pengeluaran terboros dan pendapatan terbanyak pada tahun 2013. Penilaian ini didasarkan pada pembelian pemain yang dilakukan klub-klub.

Dalam penilaiannya, FIFA melansir Liga Premier sebagai liga paling boros. Tercatat, 20 klub Liga Premier mengeluarkan dana dengan total sebesar 660 juta poundsterling.

Pembelian terbesar terjadi di Manchester City dan Arsenal serta sejumlah klub lain. City tercatat membeli sejumlah pemain seperti Jesus Navas dan Alvaro Negredo. Sedangkan pembelian terbesar di Arsenal dilakukan terhadap Mesut Ozil.

Liga terboros berikutnya adalah Serie A Italia. Klub-klub Serie A tersebut menghabiskan dana sebesar 286 juta poundsterling.

Liga terboros ketiga adalah Liga Prancis yang menghabiskan dana 253 juta poundsterling. Berikutnya berturut-turut Liga Spanyol (192 juta poundsterling) dan Liga Jerman (144 juta poundsterling).

Kesuksesan penjualan dalam transfer kali ini terlihat pada Liga Spanyol. Liga yang dihuni oleh dua pemain terbaik dunia, Cristian Ronaldo dan Lionel Messi ini berhasil mendapatkan pendapatan terbesar dibanding liga Eropa lainnya. Terhitung mereka mendapatkan 150 juta poundsterling.

Jumlah itu tidak lepas dari kesuksesan klub spanyol menjual pemain andalannya ke klub di negara lain seperti Mesut Ozil yang hijrah ke Arsenal dan Negredo yang hijrah ke Manchester City. Hal tersebut juga didukung dengan kebijakan klub Spanyol yang memang sudah merencanakan untuk memangkas pengeluaran mereka sejak 2012 lalu. (Ary)

Baca Juga:
Kekasih Ronaldo Mengguncang Barcelona
Mahasiswi Cantik Ungkap Bintang Muda MU Pelit saat Kencan
Pelatih Muenchen Beri Isyarat Akan Lepas Pemain Buruan MU
Ini Statistik Juan Mata Saat Lakoni Debut di MU
6 Fakta Unik Usai Laga MU Vs Cardiff


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.