Sukses

Kisah Schumacher: Akrabi Dunia Balap Sejak Umur 9 Tahun

Negara Jerman sepertinya sudah ditakdirkan sebagai tempat kelahiran bintang-bintang olahraga terkemuka di dunia. Sejak berpuluh-puluh tahun lalu, negara yang terletak di kawasan Eropa barat tersebut kerap berhasil mencetak seorang atlet yang mampu mengukir namanya sebagai legenda olahraga.

Dari banyaknya atlet kelahiran Jerman, Michael Schumacher menjadi salah satunya. Pria yang lahir 3 Januari 1969 tersebut tercatat sebagai satu-satunya pembalap yang sukses merebut gelar juara Formula 1 terbanyak sepanjang massa.



Schumacher dilahirkan dari pasangan Rolf Schumacher dan Elizabeth. Ayahnya merupakan seorang yang berprofesi di dunia gokart. Meski bukan seorang pembalap, pekerjaan yang ditekuni sang ayah sudah bisa membuat Scumacher jatuh cinta pada dunia kebut-kebutan.



Kendati demikian, Schumi, panggilan akrab Schumacher bukannya tak menyukai olahraga lain. Ia ternyata pernah menimba ilmu sepakbola di FC Koln dan ketika itu posisinya adalah penjaga gawang. Meski saat dewasa dirinya menjelma sebagai legenda balap, Schumi rupanya masih sempat meluangkan waktu untuk bermain sepakbola.



Perjalanan Schumacher sebagai pembalap terbilang cukup mulus. Saat masih berusia 9 tahun, ia sudah terjun di kejuaraan gokart. Lalu pada usia 16 tahun, ia mencoba berperan sebagai mekanik gokart yang dikendarai adik kandungnya, Ralf Schumacher.

Pada tahun 1988 Schumi mulai menjejaki dunia balap berlevel internasional. Saat itu dirinya balapan di ajang European Formula Ford 1600 dan di tahun yang sama ia menjajal kompetisi German Formula Ford 1600. Meski tak bisa meraih gelar juara, Schumacher tetap dipercaya naik ke kelas Formula 3 di tahun 1989.

Dua tahun kemudian, Schumacher mendapat kesempatan unjuk kemampuan di ajang Formula 1. Saat itu ia dipercaya mengendari mobil dari tim 7UP Jordan. baru sekali tampil sebagai pembalap pengganti, Schumacher langsung pindah memperkuat tim Camel Benetton Ford.



Di tahun berikutnya, Schumi melanjutkan kerja sama dengan Camel Benetton Ford. Sepanjang dua musim (1992-1993) ia hanya bisa merbut posisi 3 dan 4 klasemen.

Namun di tahun berikutnya, Schumacher berjaya dengan merebut gelar juara dunia untuk pertamakalinya. Pada waktu itu dirinya sudah bergabung dengan Mild Seven Benetton Ford dan prestasi serupa ia ulangi di tahun 1995 dengan mobil keluaran Mild Seven Benetton Renault.



Schumacher kemudian pindah ke tim Ferrari di tahun 1996. Selama 11 tahun membela tim berlogo Kuda Jingkrak, Schumacher sukses menyabet lima gelar juara dunia.

Berkat prestasinya tersebut, Schumi kini dinobatkan sebagai legenda balap dunia. Namanya bersanding dengan pembalap-pembalap lainnya seperti Jimmie Johnson (NASCAR), Valentino Rossi (MotoGP) dan Sebastien Loeb (WRC). (Vin)
Loading