Sukses

6 Tahun Spanyol Tetap Nomor Satu

Sejak meraih gelar Piala Eropa 2008, Spanyol tetap menempati posisi teratas dalam ranking FIFA per akhir tahun.

Spanyol memang luar biasa. Dalam enam tahun berturut-turut, di akhir tahun kalender, La Furia Roja tetap menempatkan posisinya di peringkat pertama ranking FIFA. Pada tahun ini, 2013, tim asuhan Vicente del Bosque ini kembali menjadi nomor satu, mengumpulkan 1507 poin atau unggul jauh 189 angka dari Jerman yang bertengger di peringkat kedua dan 256 poin dari Argentina yang duduk di posisi tiga besar.

Keberhasilan Andres Iniesta dkk untuk kembali menempati peringkat pertama dalam ranking FIFA pada 2014 tidak terlepas dari gemilangnya penampilan tim di kualifikasi Piala Dunia (PD) 2014. Tampil tak terkalahkan dalam 8 pertandingan, Spanyol mengumpulkan 20 poin dari maksimal 24 angka.

Awal mula Spanyol merajai ranking FIFA dipicu dari keberhasilan timnas yang saat itu ditangani Luis Aragones meraih gelar Piala Eropa untuk kali kedua di putaran final Euro 2008 yang berlangsung di Austria-Swiss.

Dua tahun kemudian, Spanyol kian menegaskan sebagai tim terbaik di muka bumi usai menjuarai putaran final Piala Dunia 2010 yang berlangsung di Afrika Selatan. Dan, 24 bulan berselang, La Furia Roja kembali mempertahankan posisinya setelah mempertahankan gelar Euro usai menjadi juara Piala Eropa 2012 yang digelar di Polandia-Ukraina.(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.