Sukses

Barcelona vs Villareal: Laga Berat Sebelah

Menantang Barcelona akan jadi laga sulit untuk Villareal. Villareal harus menjalani laga berat sebelah.

Belum ada yang bisa menggeser Barcelona di puncak klasemen sementara La Liga musim ini. Klub berjuluk Los Blaugrana itu berhasil memimpin dengan 40 poin dari 15 pertandingan yang telah mereka jalani. Barcelona yang seakan tak terhentikan bakal ditantang Villareal di laga lanjutan La Liga pekan ke-16, Minggu (15/12/2013) dinihari WIB nanti, di Stadion Camp Nou.

Barcelona boleh jadi superior, namun Villareal tidak boleh diremehkan begitu saja. Sementara Barcelona kokoh di puncak, Villareal tengah menjalankan progres yang cukup baik di musim ini. Buktinya, klub besutan Marcelino Garcia Toral yang berstatus sebagai klub promosi ini berhasil bercokol di peringkat kelima klasemen sementara La Liga dengan 28 poin.

Selain itu, Villareal mendapat keuntungan dengan cederanya tiga pemain kunci Barcelona. Barcelona tidak akan bisa memainkan Lionel Messi, Dani Alves, dan Victor Valdes saat menjamu Villareal. Sialnya bagi Villareal harus berhadapan dengan pengganti Messi, yang tidak lain adalah Neymar. Neymar yang digadang menjadi sosok pengganti Messi berhasil membuktikan dirinya ketika membela Barcelona melawan Glasgow Celtic di matchday terakhir Liga Champions, Rabu (11/12/2013) lalu. Barcelona menang telak 6-1, dan tiga dari total gol Barcelona berhasil diborong Neymar.

Selain itu, Villareal pun memiliki catatan yang tidak terlalu baik saat berhadapan dengan Barcelona. Sejauh ini Villareal telah 28 kali bertemu dengan Barcelona. Dari 28 pertandingan tersebut, Villareal telah dikalahkan Barcelona sebanyak 13 kali. Villareal hanya bisa menang delapan kali, dan tujuh pertandingan lainnya berakhir imbang. Dalam sejarah pertemuan kedua tim, Villareal hanya bisa mampu mencuri tiga kemenangan saat bertandang ke Camp Nou.

Akan tetapi, Villareal bisa memanfaatkan momentum dari kekalahan Barcelona saat menantang Athletic Bilbao di La Liga pekan sebelumnya. Barcelona kalah 1-0. Villareal bisa belajar dari pengalaman manis Bilbao yang memberikan kekalahan pertama untuk Barcelona di La Liga. Yellow Submarine, julukan Villareal, tampil cukup stabil di lima pertandingan terakhirnya di La Liga dengan membukukan dua kali menang dan tiga kali imbang.

Dalam pertandingan nanti, gol pertama bisa jadi kunci untuk salah satu tim memenangkan pertandingan. Itulah keuntungan yang dimiliki Barcelona yang diarsiteki Gerardo Martino ini. Barcelona memiliki persentase yang luar biasa besar untuk urusan mencetak gol pertama, 80 persen dari 20 pertandingan. Oleh sebab itu, pertandingan melawan Barcelona dapat dikatakan sebagai pertandingan yang berat sebelah. Namun, bola itu bundar, Barcelona bisa saja melakukan blunder, dan Villareal tampil sebagai pemenang.(Gan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini