Sukses

Indonesia Vs Timor Leste: Ambisi Garuda Muda Ciptakan Sejarah

Setelah pertama kalinya lolos ke semifinal, Garuda Muda tak ingin berhenti dan bertekad melaju ke partai puncak.

Tim nasional Indonesia akan menjamu Timor Leste pada babak semifinal Piala AFF U-19 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jumat (20/9/2013). Setelah pertama kalinya lolos ke semifinal, Garuda Muda tak ingin berhenti dan berambisi menciptakan sejarah baru dengan lolos ke final.

Penampilan Evan Dimas dan kawan-kawan di turnamen ini cukup baik. Apalagi, jalan yang dilalui Garuda Muda di fase grup cukup berat.

Tergabung di grup B,  Indonesia harus berhadapan dengan sejumlah tim Asia Tenggara yang memiliki tradisi sepakbola kuat yakni Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Garuda Muda memulai petualangan di ajang ini dengan menghajar Brunei Darussalam 5-0. Lalu, Indonesia semakin menunjukkan permainan gemilang di laga kedua dengan mengalahkan Myanmar 2-1.

Di laga ketiga, tim besutan Indra Sjafri  sempat takluk 1-2 di tangan Vietnam. Beruntung, di laga selanjutnya Indonesia langsung bangkit. Hat-trick Evan Dimas membawa Indonesia menang 3-1 atas Thailand. Hasil 1-1 melawan Malaysia di laga pamungkas memastikan langkah Garuda Muda ke semifinal.

Indonesia pun melangkah ke semifinal dengan torehan 10 poin dari 5 laga. Garuda Muda menemani Vietnam yang lolos sebagai juara grup dengan 15 poin.

Timor Leste sendiri merupakan kekuatan baru di Asia Tenggara. Tim berjuluk O Sol Nascente maju ke babak semifinal dengan status sebagai juara grup A. Mereka punya rekor tak terkalahkan, dengan 3 kemenangan dan sekali imbang.

Langkah Timor Leste di Piala AFF U-19 dimulai dengan hasil imbang 1-1 melawan Singapura. Setelah itu langkah mereka tak tertahankan dengan menyapu bersih 3 kemenangan. Kamboja dan Laos ditekuk dengan skor 3-1, sementara Filipina dikalahkan dengan skor 2-1.

Timor Leste lolos dengan mengoleksi 10 poin dari 4 pertandingan. Mereka didampingi Laos yang lolos dengan torehan 9 poin.

Namun demikian, Timor Leste akan sedikit pincang di laga melawan Indonesia. Pasalnya, dua pemain pilar Januario Da Costa Moniz Calaude Jesus dan Nataniel De Jesus Reis mengalami cedera saat menghadapi Filipina. (bek)

Perkiraan Susunan Pemain
Indonesia: Ravi, Putu Gede, Fachtu Rohman, Yama, Sahrul, Evan Dimas, Zulfiandi, Hargianto, Dinan Javier, Ilham Udin, Hendra Sandi

Timor Leste: Fagio Augusto, Jorge Sabas, Monteiro, Morais, Octavio, Adelino, Nataniel, Henrique, Moises Pina, Fran Alves, Ezequiel

Baca juga:
* <a href="http://bit.ly/1buVp0j">Pelatih Timor Leste Takut Hadapi Indonesia</a>
* <a href="http://bit.ly/16jDH8f">Pelatih Persib Sebut Kekuatan Malaysia</a>
* <a href="http://bit.ly/1aPn60V">Swansea Permalukan Valencia</a>
* <a href="http://bit.ly/1etINb3">Arsenal Bidik Arsitek Juventus untuk Pengganti Wenger</a>
* <a href="http://bit.ly/15a8uFe">Kejutan, Dua Tim Unggulan Tumbang</a>
* <a href="http://bit.ly/15a8zsq">Neymar Tidak Peduli Belum Banyak Cetak Gol</a>
* <a href="http://bit.ly/16sxKXE">Jelang Derby Manchester, City Dibayangi Cedera Pemain</a>
* &lt;a href="http://bit.ly/16jDH8f"&gt;Pelatih Persib Sebut Kekuatan Malaysia&lt;/a&gt;

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini