Sukses

Menanti Pesta Italia dan Buffon

Jumlah 136 laga membuat Buffon menyamai rekor Fabio Cannavaro sebagai pemain yang paling sering membela Timnas Italia.

Laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2014 melawan Republik Ceko Selasa 9 September 2013 akan menjadi pesta besar bagi kiper yang juga kapten Italia Gianluigi Buffon. Bila dimainkan, maka Buffon akan tampil untuk ke-136 kalinya bersama Gli Azzurri.

Jumlah 136 laga membuat Buffon menyamai rekor Fabio Cannavaro sebagai pemain yang paling sering membela Italia. Yang lebih spesial, pertandingan Italia melawan Ceko akan digelar Juventus Stadium, yang merupakan markas klub Buffon saat ini.

Pesta Buffon akan semakin meriah bila Italia mampu mengalahkan Ceko. Pasalnya tambahan tiga poin akan membuat Italia memastikan satu tiket ke putaran final Piala Dunia 2014 di Brasil.

"Saya berharap itu akan menjadi malam perayaan bagi semua orang. Situasi pribadi saya hanya akan menyenangkan bila kami lolos ke Piala Dunia," ujar Buffon.

Pelatih Italia Cesare Prandelli memang hampir pasti akan menurunkan Buffon sejak menit awal. Buffon sedang dalam bentuk penampilan terbaiknya. Eks pemain Parma itu menjadi penyelamat Italia saat menang 1-0 atas Bulgaria pekan lalu. Buffon dengan luar biasa menggagalkan peluang Ivelin Popov dan Dimitar Rangelov.

Italia punya peluang bagus meraih poin penuh. Performa Ceko sedang menukik turun tajam. Mereka gagal menang di tiga laga terakhir. Bahkan pekan lalu pasukan Michal Bilek kalah 1-2 dari Armenia di kandang sendiri. Prandelli juga punya kabar baik karena sudah bisa menurunkan tiga pemain andalannya Mario Balotelli, Pablo Osvaldo, dan Riccardo Montolivo yang kembali dari skorsing setelah absen saat melawan Bulgaria.

Pekerjaan rumah bagi Prandelli ada di sektor pertahanan, karena dua bek sayap Luca Antonelli dan Ignazio Abate tidak bisa tampil akibat mengalami cedera saat melawan Bulgaria. Kondisi ini membuat Prandelli kemungkinan bakal menggeser Giorgio Chiellini sebagai bek kiri.

Meski di atas angin, Italia tetap wajib mewaspadai Ceko. Rekor pertemuan kedua tim lebih memihak ke tim tamu. Dari lima kali pertemuan, Ceko menang dua kali, sedangkan Italia cuma satu kali. (Berbagai sumber/Vin)

Baca juga:
* <a href="http://bit.ly/16gl74L">Menanti Duel El Clasico 2 Raksasa Spanyol Senilai Rp 11,24 T</a>
* <a href="http://bit.ly/14AvsdF">Menanti Aksi Bale di Laga Abal-abal</a>
* <a href="http://bit.ly/186VqGq">Partai Paling Menakutkan Sepanjang Karier Hodgson</a>
* <a href="http://bit.ly/15NjoXe">Romario : Messi Kena Sindrom Asperger</a>
* <a href="http://bit.ly/1fSTrUY">Berfoto dengan Ronaldo, Mr Bean Pasang Muka Masam</a>
* <a href="http://bit.ly/17MHyPy">Casillas Tak Mungkin Gantikan Valdes di Barca</a>
* <a href="http://bit.ly/13DzNtN">Tiga Klub Inggris Berebut Messi dari Ukraina</a>
* &lt;a href="http://bit.ly/15akPfP"&gt;Ronaldo Diejek `Murah` Oleh Suporter Irlandia&lt;/a&gt;

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.